Biaya Cuci AC Rumah Update Terbaru

Berapa Biaya Cuci AC Rumah Terbaru?. Salah satu perawatan yang paling diperlukan oleh AC adalah pembersihan unit. Hal ini disebabkan karena peran AC yang berhubungan besar dalam menyaring udara.

Apalagi AC biasanya dinyalakan dalam waktu yang cukup lama. Otomatis kualitas udara yang dihasilkan AC sangat berhubungan dengan kebersihan unit AC itu sendiri.

Hal mendasar yang harus dilakukan untuk menjaga AC tetap awet adalah dengan melakukan maintenance seperti membersihkan dengan mencuci AC secara berkala.

Pada saat ingin membersihkan AC, harap perhatikan bahan atau cairan yang digunakan.

Jangan menggunakan cairan kimia untuk mencuci AC karena dapat mengikis lapisan pada pipa di bagian dalam AC sehingga pipa menjadi tipis.

Untuk mencuci AC, ketahui waktu ideal untuk melakukan maintenance AC.

Untuk AC ruang tamu atau ruang keluarga, lakukan perawatan per 3 bulan, sementara untuk AC kamar tidur 4-5 bulan.

Perkiraan waktu tersebut dapat berbeda-beda pada setiap bangunan atau rumah, tergantung lokasi dan tingkat polusi pada AC.

Pada umumnya bagian AC yang dapat dibersihkan sendiri adalah unit yang terdapat di dalam ruangan.

Sedangkan mesin AC yang ada di luar (unit outdoor) kebanyakan diantara kita membutuhkan tenaga profesional dalam perawatannya.

Jadi tentu kita akan mencari informasi tentang jasa dan biaya cuci AC rumah.

Dan informasi ini akan Anda dapatkan dalam artikel ini, jadi langsung saja yuk simak review berikut ini.

Biaya Cuci AC Rumah

No.JasaHarga
1Cuci AC Split (0.5 – 1 PK)Rp. 65.000/Unit
2Cuci AC Split (1.5 – 2 PK)Rp. 70.000/Unit
3Cuci AC CassetteRp. 75.000/PK
4Cuci AC StandingRp. 75.000/PK

Diatas adalah harga umum perkiraan biaya cuci AC rumah karena sebenarnya untuk informasi biaya cuci AC rumah bisa bervariasi pada masing-masing penyedia jasa service.

Karena setiap penyedia jasa, umumnya menawarkan harga yang berbeda. Ada banyak pertimbangan yang mereka perhatikan seperti:

  • Lokasi pemakai jasa, karena umumnya untuk cuci AC dilakukan ditempat kecuali jika ternyata terdapat kerusakan yang membutuhkan service lain.
  • Besarnya PK, karena ini sangat menentukan kondisi AC itu sendiri.
  • Biaya jasa tenaga profesional ditempat service dan banyak pertimbangan lainnya.

Jika Anda berfikir harga diatas mahal karena harus dilakukan secara rutin. Justru jika Anda tidak melakukan cuci AC secara rutin maka kerusakan AC yang lebih parah akan menanti dengan biaya service yang tentu lebih mahal.

Untuk menghembat biaya, sebenarnya cuci AC rumah ini bisa Anda lakukan sendiri dirumah. Bagaimana caranya?, simak review dibawah ini.

Langkah Membersihkan AC Rumah

Biaya Cuci AC Rumah

Untuk menghindari kerusakan AC yang terlalu parah, perlu dilakukan pembersihan AC secara teratur, idealnya setiap sebulan sekali. Anda pun sebenarnya juga dapat melakukannya sendiri.

Sebelumnya Anda perlu ketahui bawa unit AC yang ada di dalam ruangan terdiri dari 3 bagian, filter, kumparan evaporator, dan kipas. Berikut ini cara membersihkan filter pada AC:

  1. Sebelum mulai membersihkan AC, pastikan seluruh kabel pada unit AC sudah dicabut dari kontak listrik
  2. Ketahui cara melepas dan membersihkan filter dengan membaca buku petunjuk yang diberikan
  3. Jika Anda menginginkan cara mudah untuk membersihkan AC, gunakan penyedot debu, kemoceng atau lap kering guna membersihkan debu dari permukaan luar AC dan bilah ventilasi
  4. Filter AC biasanya menjadi sarang menumpuknya debu dan kotoran. Karena itu bersihkan filter di bawah aliran air. Jika diperlukan, gunakan sabun cair dan bilas hingga bersih.
  5. Jemur filter di tempat yang teduh
  6. Setelah filter selesai Anda bersihkan, jangan lupa untuk membersihkan bagian kumparan evaporator. Bagian ini memang tidak dapat dilepas dari unit AC. Untuk membersihkannya, Anda memerlukan produk cairan pembersih yang tersedia di pasaran. Cairan berbentuk kemasan semprot ini cukup praktis digunakan, namun ingat untuk memberi alas pada dinding dan lantai agar tidak terkena tetesan dari produk.

Langkah diatas adalah untuk membersihkan AC unit indoor. Untuk unit outdoor sebaiknya percayakan pada jasa service AC rumah saja.