Biaya Upah Tukang Kayu Bangunan Harian

Cara Menghitung Biaya Upah Tukang Kayu. Dalam sebuah bangunan kayu menjadi hal penting untuk menopang kontruksinya. Maka pengerjaan material kayu ini penting untuk diperhatikan.

Karena tak semua orang bisa memproses kayu menjadi bahan kontruksi atau sekedar furniture rumah. Dan disinlah Anda memerlukan kemampuan seorang tukang kayu.

Tukang kayu merupakan seseorang yang bekerja dengan kayu. Mereka dapat membuat lemari, membangun rumah, maupun benda-benda lain dengan kayu.

Dalam sebuah proyek besar tukang kayu biasanya bekerja dibawah pengawasan mandor yang sudah lebih dulu berurusan dengan proyek tersebut dari awal.

Tukang kayu yang ahli bisa berinovasi dengan alat mereka, bahkan tak jarang mereka akan menggunakan alat dan bahan kerja baru untuk memberikan inovatif pada hasil karyanya.

Dalam sebuah kontruksi tukang kayu biasanya diperlukan untuk keperluan penyangga kontruksi, pembuatan atap, pembuatan kusen rumah dan semua hal yang pengerjaannya menggunakan kayu.

Tak hanya untuk kontruksi, ada juga tukang kayu yang khusus untuk pembuatan furniture yang biasa dipanggil dengan tukang kayu furniture.

Karena termasuk tenaga ahli, biaya upah tukang kayu ini tentu diatas upah tukang bangunan biasa. Untuk lebih jelasnya simak ulasan dibawah ini.

Biaya Upah Tukang Kayu

Tukang kayu kontruksi umumnya mematok upah harian atau borongan untuk jasa yang ia berikan.

Dan untuk membantu pengerjaannya umumnya seorang tukang kayu yang ahli akan menjadi kepala tukang dan telah memiliki tukang kayu pembantu sendiri.

Dan berikut rata – rata biaya upah tukang kayu harian:

No.SpesifikasiSatuanUpah
1.Kepala Tukang Kayuorang/hari (7 jam)Rp. 90.000
2.Tukang Kayuorang/hari (7 jam)Rp. 75.000
3.Tukang Kayu Setengah Terampilorang/hari (7 jam)Rp. 60.000

Sedangkan untuk tukang kayu furniture umumnya akan mematok upah borongan tiap m2 dari furniture yang ia kerjakan.

Biasanya berkisar Rp300 – 350 ribu, ini sudah termasuk biaya kepala tukang dan pembantu tukangnya (upah ini untuk pengerjaan furniture ukir berkualitas seperti furniture asli jepara kebanyakan).

Harga diatas bisa saja berubah karena banyak faktor mulai dari upah minumun daerah dan tingkat kesulitan pengerjaan kayunya.

Biaya Upah Tukang Kayu

Hal Yang Perlu Diperhatikan Saat Memilih Tukang Kayu

Untuk mendapat pengerjaan kayu secara maksimal, Anda wajib cermat memilih tukang kayu dengan memperhatikan:

1. Tentukan Apa Yang Akan Dikerjakan

Baik tukang kayu kontruksi atau furniture penting bagi Anda untuk membuat daftar apa saja yang akan dikerjakan oleh tukang bangunan beserta besaran pekerjaan yang akan dibebankan.

Setelah membuat daftar rencana pekerjaan, Anda bisa mengetahui beban atau tingkat kesulitan yang akan dikerjakan oleh tukang kayu.

Jika besaran pekerjaan tergolong sedikit, Anda bisa menyewa jasa tukang kayu harian.

Namun jika pekerjaan banyak, sebaiknya menyewa jasa tukang kayu borongan.

2. Biaya Upah Tukang Kayu Menyesuaikan Anggaran

Dana menjadi salah satu yang perlu diperhatikan ketika akan membangun atau merenovasi rumah atau membuat furniture.

Maka sebelumnya Anda bisa berkonsultasi dengan tukang kayu yang Anda tunjuk tentang kisaran biaya upah tukang kayu dan biaya lain yang Anda miliki.

Dan selanjutnya mereka akan memberikan rancangan pekerjaan yang sesuai dengan budget tersebut.

3. Perhatikan Pengalaman Tukang Kayu

Untuk mengolah kayu hingga menjadi produk baik furniture atau kebutuhan bangunan Anda membutuhkan tukang kayu yang benar – benar berpengalaman.

Lebih baik lihat dahulu pekerjaan apa saja yang telah tukang mebel itu kerjakan.

Lihat kualitas seperti apa yang dihasilkan dari tukang kayu tersebut.

4. Gunakan Jasa Konsultan Arsitektur

Untuk penggunaan jasa konsultan arsitektur sangat disarankan bagi Anda yang akan menjalankan pengerjaan kontruksi besar.

Menggunakan jasa konsultan arsitektur ditujukan agar dapat dilakukan pengawasan terhadap kelancaran pekerjaan tukang kayu.

Arsitek juga membantu menghitung biaya yang harus dikeluarkan dan memilih bahan sesuai kebutuhan.

Tinggalkan komentar