Cara Kerja Water Heater Gas Yang Perlu Diketahui

Bagaimana Cara Kerja Water Heater Gas?. Pemanas air gas menjadi salah satu alat rumah tangga yang banyak digunakan lantaran dapat membuat suhu air menjadi panas tanpa harus melakukan usaha yang berlebih.

Pemanas air gas dapat digunakan ketika Anda berhadapan dengan suhu lingkungan yang dingin.

Selama hawa dingin berlangsung, Anda dapat memanfaatkan pemanas air gas tersebut untuk mengubah suhu air mandi menjadi lebih hangat.

Dengan demikian, Anda dapat terus membersihkan diri Anda dengan cara mandi tanpa harus merasakan hawa dingin yang dihadirkan oleh air mandi tersebut.

Bagi sebagian besar orang, mereka tidak terlalu paham akan cara kerja dan cara service Water Heater gas tersebut.

Mereka hanya ingin mendapatkan manfaat dari pemanas air gas tersebut tanpa mengetahui bagaimana cara kerja dari pemanas air gas.

Agar Anda paham akan cara kerja dari pemanas air gas tersebut, ada baiknya untuk menyimak penjelasan mengenai cara kerja dan cara memasang pemanas air gas di bawah ini.

Cara kerja Water Heater gas tersebut dapat diketahui setelah Anda selesai memasang pemanas air gas.

Ketika menggunakan pemanas air gas, jangan lupa untuk mengaktifkan “api kecil” yang berada pada area pembakaran.

Api kecil yang digunakan pada pemanas air gas harus selalu berada dalam kondisi hidup.

Jika diperhatikan dengan baik, Anda akan melihat bentuk api kecil tersebut yang menyerupai lilin.

Ketika Anda menggunakan pemanas air gas tersebut, Anda dapat menggunakan tabung elpiji untuk mendapatkan sumber gas atau bahan bakar pada pemanas air tersebut.

cara kerja water heater gas

Cara Kerja Water Heater Gas

Setelah pengaktifan api kecil, Cara kerja mesin Water Heater gas dapat dilihat pada uraian berikut:

  1. Setelah mesin Water Heater Gas selesai terpa Aktifkan “Api Kecil” yang biasanya ada pada area pemanasan (pembakaran). Api kecil ini dikondisikan selalu hidup pada mesin tersebut, bentuknya seperti api lilin. Yang memakai sumber tenaga gas yang ada. (Gas yang dipakai sama dengan gas yang biasa digunakan untuk kompor gas di dapur)
  2. Setelah kran air panas-dingin dibuka, maka air panas keluar pada kran tersebut (jika telah diaktifkan sebelumnya) dan secara otomatis air dingin masuk kedalam mesin pemanas tersebut.
  3. Air dingin masuk ini mengalir naik ke atas (masuk kedalam mesin) dan proses ini terdeteksi oleh sensor air (flow sensor) yang terhubung dengan panel sirkuit.
  4. Panel sirkuit ini adalah panel rangkaian alat listrik yang dirancang khusus untuk otomatisasi penyetelan sistem pembakaran pada area pemanasan (pembakaran). Api otomatis hidup lebih besar pada saat ada air dingin masuk dan kembali seperti semula (seperti api lilin) pada saat air dingin tidak masuk lagi ke mesin tersebut.
  5. Setelah api hidup lebih besar pada sistem pembakaran; api akan memanaskan rangkaian pipa air panas yang ada pada bagian pengubah panas (heat excanger). Sehingga air dingin yang berada dalam rangkaian pipa air panas tersebut menjadi panas juga.
  6. Air panas inilah yang keluar dari mesin Water Heater gas tersebut; sehingga bisa kita alirkan kedalam rumah, bisa untuk bathtub, wastafel, shower dsb.

  1. Demikian cara kerja Water Heater gas ini; sehingga air yang masuk kedalam mesin ini bisa panas dan keluar melalui saluran pipa air keluar yang telah disediakan.
  2. Masuknya air dingin pada mesin pemanas ini otomatis akan terhenti apabila kran air panas-dingin ditutup. Sehingga pembakaran dengan api besar otomatis juga terhenti dan api mengecil kembali seperti api lilin.