Cara Memancing Pompa Air Yang Masuk Angin

Cara Memancing Pompa Air Yang Benar. Mesin pompa air yang sudah lama digunakan, biasanya airnya susah naik meskipun pompa air telah dinyalakan.

Sehingga, harus dipancing terlebih dahulu supaya airnya dapat mengalir keluar.

Mengatasi  pompa air yang tak kunjung keluar air dengan cara memancing dengan air, sebenarnya bukanlah cara yang benar.

Namun, banyak orang yang melakukan cara tersebut ketika situasi yang mendesak.

Sehingga, memasukan air ke dalam tabung pompa air terlebih dahulu dianggap cara yang paling tepat atau yang sering disebut dengan cara memancing pompa air.

Mesin pompa air yang tidak keluar air, sebaiknya harus diperbaiki. Agar tidak terus-menerus memancing pompa air tersebut ketika akan menggunakannya.

Karena, hal tersebut dapat mengakibatkan kerusakan yang lebih parah pada mesin pompa air.

Penyebab mesin pompa air yang harus dipancing tersebut, sebenarnya hanya merupakan masalah masuk angin pada saluran hisap.

Sehingga, daya hisap air menjadi lemah ketika mesin pompa air dihidupkan. Akibatnya, air tidak dapat naik.

Cara Memancing Pompa Air

Kenapa Pompa Air Harus Di Pancing?

Pompa memiliki motor dan kipas yang berputar dengan kecepatan tinggi tergantung juga dengan jenis pompa.

Perbedaan pompa satu dengan yang lainnya hanya dari segi daya hisap dan daya dorongnya.

Semakin besar motor dan kipas yang dimiliki maka daya hisap air dari bawah akan semakin kuat, dengan kuatnya daya hisap tadi maka daya dorong keatas pun akan semakin kencang juga.

Karenanya sebisa mungkin tidak ada kebocoran udara dalam pompa. Karena kebocoran udara sedikit saja akan menyebabkan daya hisap pompa melemah.

Dan jika hal ini terjadi Anda perlu melakukan pemancingan terus menerus.

Ketika pompa berhenti berputar maka air tidak semuanya turun kembali kebawah, namun akan tertahan di pipa hisap.

Air yang tertinggal ini berfungsi agar pompa yang mulai berputar dapat sesegera mungkin melakukan penghisapan air.

Tapi saat terjadi kebocoran maka pompa tidak dapat langsung menghisap air melainkan udara sampai air benar – benar memenuhi pipa hisap.

Tapi tentu ini membutuhkan waktu lama, apalagi jika sumur cukup dalam dan bisa jadi belum sampai atas pompa air sudah tidak kuat.

Maka saat terjadi kebocoran perlu dilakukan pemacingan terlebih dahulu.

Cara Memancing Pompa Air

Setiap pompa air dilengkapi dengan lubang angin kecil dekat dengan pipa output yang salah satu fungsinya untuk memancing pompa air ketika ngadat seperti ini.

Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu melakukan hal berikut ini:

  1. Lepas baut kecil yang terletak disamping pipa output air
  2. Tuangkan air kedalam lubang baut tadi sampai air terlihat mau keluar dengan tendangan yang kencang.Tuangkan air ke lubang tersebut sampai penuh
  3. Tutup kembali baut tadi hingga rapat, jika air sudah mulai menyembur dengan tekanan tinggi

Cara Memancing Pompa Air

Tips Memancing Pompa Air

Selain cara memancing pompa air diatas, ada beberapa tips yang perlu Anda lakukan agar pemacingan dapat berhasil, diantaranya:

  1. Sebaiknya lokasi pompa agak luas untuk memudahkan proses pemancingan. Maka saat memasang pompa air diawal Anda perlu memperhatikan faktor ini untuk jaga jaga jika sewaktu waktu terjadi masalah seperti ini.
  2. Sebaiknya letakkan stop kontak agak jauh dari pompa air untuk menghindari adanya cipratan air yang mengakibatkan konsleting listrik saat proses pemancingan.
  3. Siapkan corong air agar proses penuangan air tidak blepotan kemana mana.
  4. Saat memasang kembali baut yang menutup lubang angin, berikan sealtip agar benar benar rapat dan tida ada cela udara.

Selain cara memancing pompa air ini tak ada salahnya Anda mekakuan tips berikut ini agar pompa air tidak mudah rusak, diantaranya:

  • Pastikan Anda membeli pompa air yang berkualitas meskipun lebih mahal tapi umumnya memiliki daya hisap yang lebih kuat sehingga air yang dikeluarkanpun lebih banyak dan cepat. Dan tentu Anda akan lebih menghemat listrik.
  • Agar pompa tidak perlu terus bekerja, baiknya Anda menggunakan tampungan air. Dengan demikian pompa airpun tidak akan cepat rusak.
  • Untuk menghindari kerja pompa yang berlebihan, Anda bisa menggunakan otomatis yang terpasang ditoren. Maka saat Air sudah penuh pompa air akan mati dengan sendirinya.

Incoming search terms:

  • Cara memancing pompa air jet pump