Cara Memasang CCTV Langsung Ke TV Tanpa DVR

Tips Cara Memasang CCTV Langsung Ke TV. Seiring berjalannya waktu, teknologi kamera CCTV sekarang ini semakin berkembang pesat. hal ini di buktikan dari banyaknya jenis kamera CCTV yang ada di pasaran.

Contohnya ada CCTV yang menggunakan wireles atau tanpa kabel , CCTV menggunakan Micro SD sebagai pendukungnya dan ada juga CCTV tanpa DVR yang sangat mudah proses instalasi dan penggunaannya.

Sistem CCTV biasanya membutuhkan setting DVR atau server tersendiri supaya dapat beroperasi dengan lancar.

Digital video recorder atau DVR merupakan bagian komponen terpenting pada CCTV yang berfungsi sebagai alat perekam untuk menyimpan data hasil rekaman di media storage/penyimpanan yakni Hardisk.

Lalu apakah CCTV bisa di pasang tanpa DVR atau langsung ke TV. Tentu saja bisa ketika Anda ingin mencoba memasang CCTV langsung ke TV atau tanpa DVR.

Akan tetapi anda hanya dapat melihat gambarnya saja, artinya jika suatu saat di tempat Anda terjadinya kemalingan atau tindakan kejahatan, maka Anda tidak dapat melihat hasil rekaman CCTV tersebut dikarenakan tanpa adanya komponen DVR CCTV.

Tapi pemasangan CCTV langsung ke TV ini sangat berguna saat DVR mengalami masalah, atau cara memasang CCTV langsung ke TV hanya untuk tujuan ringan seperti pada toko – toko kecil.

Cara Memasang CCTV Langsung ke TV

Cara Memasang CCTV Langsung Ke TV

Pada postingan kali ini saya akan coba menjelaskan tentang cara mudah memasang kamera CCTV langsung terkoneksi ke TV tanpa menggunakan alat perekam.

Sebelum melangkah ke cara caranya kalian harus tahu terlebih dahulu gambaran pemasangan kamera CCTV langsung ke TV seperti gambar dibawah ini.

Cara Memasang CCTV Langsung ke TV

Dari gambar diatas, cukup jelas bahwa cara pasang CCTV langsung ke TV sangat mudah.

Tapi ada beberapa bahan yang perlu Anda persiapkan seperti kamera, kabel Coaxial, Jack BNC dan Jack RCA.

Pada pemasangaan CCTV langsung ke TV ini; kamera yang akan kita hubungkan dengan TV menggunakan Jack RA, sedangkan pada kamera rangkaiannya tetap menggunakan Jack BNC.

Jadi sebelum melakukan cara memasang CCTV langsung ke TV ini penting untuk Anda ketahui tentang hasil gambar yang dihasilkan

Gambar yang dihasilkan sudah pasti tidak sebagus gambar yang menggunakan video in seperti VGA dan Analog, Jack RCA tidak akan support dengan resolusi Full HD.

Tapi cara pasang CCTV wireless langsung ke TV ini masih cukup diminati; terutama jika biaya yang dimiliki pengguna minim, atau DVR sedang mengalami masalah.

Langkah Langkah Memasang CCTV

Caranya sangat mudah. Yuk simaklah ulasan di bawah ini!

  • Pertama-tama Anda harus tentukan terlebih dahulu dimana CCTV akan diletakkan. Misalnya Anda letakkan di depan pintu teras rumah Anda.
  • Saran saya sebaikya Anda meletakkan CCTV di tempat yang kering; karena jika di letakkan dalam kondisi yang lembab kemungkinan besar bisa konslet.
  • Dengan menggunakan konverter, selanjutnya sambungkan CCTV dengan kabel AV
  • Pasanglah adaptor ke CCTV.
  • Sambungkan CCTV ke TV dengan menggunakan kabel AV yang dimasukkan pada colokan khusus untuk video DVD player.
  • Colokan adaptor ke sumber listrik.
  • Dan jika sudah terpasang dengan benar maka gambar akan segera muncul pada layar CCTV

Meski pemakainnya sangat mudah, penggunaan DVR sangat dianjurkan.

Mengingat tujuan utama CCTV adalah menangkap gambar dan merekam kejadian yang ditangkap oleh CCTV itu sendiri.

Dan perekaman gambar ini hanya bisa dilakukan dengan bantuan DVR.

Dengan kata lain menyambungkan CCTV langsung ke TV hanya bisa mengambil gambar saja dan tidak bisa mengulangi rekaman CCTV tersebut.