Cara Memasang Gorden Poni Dan Kenali Bagian Bagiannya

Cara memasang Gorden Poni Pisah Depan. Gorden poni merupakan salah satu model gorden yang juga banyak digunakan dan di cari untuk mempercantik tampilan jendela rumah Anda.

Apalagi gorden poni mempunyai berbagai macam model poni yang bisa Anda pilih sesuai dengan selera dan keinginan Anda.

Model gorden poni pada umumnya sama seperti dengan gorden lainnya atau biasanya yang mempunyai fungsi yang sama serta juga mempunyai jenis bahan yang sama yang biasa digunakan pada gorden pada umumnya.

Yang membedakan pada gorden poni yaitu tampilan dan konsep yang di berikan.

Jika gorden tanpa poni biasa digunakan untuk desain ruangan dengan konsep minimalis, sedangkan pada gorden poni biasanya berdesain klasik atau semi klasik.

Karena pada gorden bagian atas dibuat menggunakan gorden lagi dengan ukuran yang kecil dan bentuk beragam sehingga terlihat seperti poni.

Berbeda dari gorden berkonsep minimalis, yang hanya menggunakan 1 atau 2 jenis kain, pada gorden ini biasanya menggunakan 2 atau 3 bahkan lebih lapisan kain sehingga terlihat lebih besar dan juga mewah. Selain itu aksesoris yang digunakan pun juga lebih banyak.

Cara Memasang Gorden Poni

Sudah dijelaskan sebelumnya bahwa jenis gorden poni memiliki paling sedikit 2 lapisan kain gorden, yaitu bagian gorden dan poni gorden.

Untuk cara memasang gorden poni sendiri tak begitu sulit, Anda hanya perlu mengikuti langkah berikut ini:

  • Siap dan pasangkan penyangga rel, yang mampu menampu 2 rel atau lebih sebab lapisan gorden poni sendiri lebih dari 1. Pasang gorden utama pada rel paling belakang. Gorden utama bisa saja berbentu bagian gorden utuh atau dibagi menjadi 2 bagian. Jika terdiri dari 1 bagian gorden maka memasukkannya cukup dari satu sisi rel gorden. Sedangkan untuk gorden utama dengan 2 bagian bisa dibuka di tengah-tengah setelah dipasang berdampingan.

  • Gantung rel yang terpasang gorden utama pada penyangga dengan letak yang paling berdekatan dengan jendela.Siapkan rel kedua dengan poni gorden. Silahkan cek bagian atas poni gorden ini, umumnya sudah dilengkapi dengan lubang rel. Anda bisa memasukkan rel gorden pada lubang tersebut hingga semua bagian poni gorden tergantung. Dan poni gorden pun siap digantung di penyangga rel paling depan.
  • Agar terlihat lebih simetris dan rapi, Anda bisa rapikan gorden dan poninya hingga lepatan atau lekukan tersebar rata saat gorden tertutup.
  • Jika gorden utama terdiri dari 2 bagian, buka ditengah dan masing masing sisi jendela yang berlawanan. Untuk lebih dekoratif pasang sabuk gorden pada kedua sisi.

Mungkin Anda masih bingung dengan cara memasang gorden poni diatas. Itu karena Anda belum paham akan bagian gorden poni itu sendiri, Anda bisa simak pada review berikut.

Mengenal Bagian Gorden Poni

Untuk memilih gorden yang bagus, dalam arti secara fungsi dan juga estetika, ada baiknya jika Anda juga mengenal apa saja yang menjadi bagian-bagian dari gorden.

Dengan begitu, Anda akan mudah memilih gorden yang sesuai dengan harapan Anda. Berikut beberapa bagian dari gorden yang wajib Anda kenali:

1. Rollet atau Batang Gorden

Rollet adalah bagian terpenting dari gorden yang jika tak ada, maka gorden tidak bisa dipakai. Rollet biasanya berupa plat panjang berisi yang kadang didesain dengan unik.

Fungsi dari rollet ini adalah untuk mengaitkan kain gorden yang nantinya akan menggantung di jendela Anda.

Rollet biasanya terbuat dari bahan yang sangat kuat, hingga tidak akan mudah patah akibat massa kain yang kadang sangat berat.

Jika Anda ingin membeli gorden, usahakan rollet diukur sesuai dengan panjang jendela.

Jangan sampai kependekan atau kepanjangan, karena akan menghilangkan nilai keindahan pada gorden yang dipasang.

2. Badan Gorden

Bagian inilah yang sering kita sebut dengan gorden. Biasanya terbuat dari kain panjang dengan warna yang disesuaikan.

Bagian ini akan menghalangi cahaya masuk dari luar. Bagian gorden ini biasanya terbelah menjadi dua.

Satu belahan bisa ditarik ke kiri dan belahan lain ditarik ke kanan. Ada juga tipe gorden yang tak terbelah namun bisa ditarik ke kiri dan ke kanan karena pada rolletnya terpasang plat geser.

Cara Memasang Gorden Poni

3. Poni Gorden

Gorden juga memiliki poni yang terletak di bagian atas. Biasanya digunakan sebagai tempat kaitan badan gorden ke rollet.

Bagian poni ini biasanya berupa rumbai-rumbai. Kadang dibuat lebih unik untuk menambah daya tarik orang yang melihatnya.

Bagian poni ini bisa dihilangkan jika Anda tidak suka. Karena secara fungsi, bagian ini juga bisa dikatakan sebagai aksesori gorden.

Cara Memasang Gorden Poni

4. Cara Memasang Gorden Poni – Vitrase

Beberapa jenis gorden yang modern biasanya memiliki bagian vitrase pada bagian tengah.

Vitrase umumnya terbuat dari kain yang lebih transparan, hingga memungkinkan cahaya masih bisa menembus ke dalam.

Vitrase biasanya dipilih dengan warna yang lebih cerah, kebanyakan warna putih atau warna-warna muda dari gorden utama yang dipakai.

Bagian vitrase sebenarnya opsional saja. Boleh dipasang, boleh juga tidak.

5. Tassel Gorden

Tassel sebenarnya adalah pengikat gorden. Terbuat dari tali yang disesuaikan dengan desain gorden utama, tassel biasanya memiliki penampakan yang unik dan sering ada rumbai-rumbainya.

Bagian ini kadang menjadi daya tarik dan menambah keindahan gorden yang dipasang.

Ibarat rambut, maka tassel adalah aksesori yang akan membuat gorden Anda jadi lebih cantik saat dipandang.

6. Cara Memasang Gorden Poni – Hook Gorden

Bagian terpenting lain dari cara memasang gorden poni adalah hook atau pengait. Hook biasanya berupa besi tempat tassel diikatkan.

Sekilas, mungkin bagian hook terlihat sepele, namun tanpa bagian ini gorden tak akan bisa dikaitkan.

Selain itu, pemasangan hook juga harus disesuaikan tinggi rendahnya. Jika terlalu tinggi, maka tassel akan terlihat aneh dan jika terlalu rendah, tassel akan terlihat tidak rapi.