Cara Memasang Plafon Gypsum Sendiri Dirumah

Cara Memasang Plafon Gypsum Rangka Hollow. Pemasangan plafon gypsum sudah banyak terpasang pada rumah-rumah modern saat ini, karena plafon gypsum mampu memberikan kesan elegan dalam rumah.

Nilai estetika yang terlihat baik ini disebabkan karena  detail plafon gypsum lebih terlihat rapi, rata dan mulus seperti tidak ada sambungan sama sekali.

Tak hanya itu penggunaan plafon gypsum juga mampu mendeteksi adanya keobocaran pada atap rumah Anda. Dan jika ada kerusakan, plafon gypsum ini cenderung lebih mudah diperbaiki.

Dalam pemasangan plafon gypsum Anda bisa memilih dua jenis rangka yang bisa dipakai yaitu rangka kayu dan rangka plafon hollow dari metal.

Penggunaan rangka kayu saat ini sudah sangat berkurang karena memiliki banyak kelemahan seperti bahan kayu yang baik semakin susah didapat, tidak tahan rayap, serta kayu harus diserut dengan rata untuk mendapatkan pekerjaan yang rapi.

Berbeda dengan penggunaan rangka atap metal seperti besi hollow, yang memerlukan waktu pemasangan lebih cepat dengan hasil lebih rapi dan juga memiliki daya tahan lama (anti rayap).

Cara Pasang Plafon Gypsum

Secara teori dan praktek, pemasangan plafon gypsum terkesan simple dan mudah, terutama bagi tukang yang biasa mengerjakannya.

Bagaimana teknik memasang plafon yang biasa dilakukan oleh tukang plafon profesional?

Berikut ini kami jelaskan secara ringkas teknik atau cara pasang plafon gypsum mulai dari persiapan, pemasangan kerangka plafon, penutup, compound, pemasangan lis hingga pengecatan.

Siapkan Alat Dan Bahan Cara Memasang Plafon Gypsum

Alat yang biasa digunakan oleh tukang plafon gypsum antar lain gunting seng (khusus alat potong besi hollow), pensil, selang timbang, palu besi, meteran, bor listrik, mata bor untuk sekrup. dll

Bahan yang digunakan secara umum dan pokok adalah besi hollow, papan gypsum, sekrup (screw), paku beton 1,5 inch, lis gypsum, cornice.

Pembuatan Kerangka Plafon

Menentukan titik elevasi/ketinggian plafon dengan mengukur ketinggian dari lantai atau kusen. Gunakan selang timbang dan tandai dengan pensil, atau pasang paku sebagai tanda.

Pasang hollow pada bagian dinding (hollow yang digunakan untuk dinding biasanya 2X4 cm atau 4X4 cm).

Bagi ruangan sesuai dengan lebar papan gypsum di bagi 2. Jadi pasang hollow setiap 60 cm. Tentukan penggantung rangka plafon.

Ukur dan potong penggantung (hanger) yang terbuat dari besi hollow. Gantungkan pada rangka atap, gunakan sekrup atau paku jika rangka atap terbuat dari kayu.

Semakain banyak penggantung, maka plafon akan semakin kuat menahan beban plafon.

Pasang satu persatu besi hollow dimulai dari pinggir, gunakan benang sebagai patokan kerataan dan ketinggian rangka plafon.

Pemasangan rangka plafon yang sederhana bentuk rata akan lebih mudah dibandingkan dengan memasang rangka plafon yang bertingkat (drop ceiling).

Perlu Anda tahu memotong lembaran Gypsum tak bisa dilakukan begitu saja, ada baiknya Anda ikuti langkah berikut:

  • Gunakan bantuan siku T pada saat memotong panel secara vertikal,ukur dan tandai garis potongnya.
  • Dengan bantuan cutter potong panel gypsum dari bagian tepi atas hingga tengah panel, yang kemudian dilanjutkan pada bagian tepi bawah menuju tengah.
  • Gunakan papan atau meja yang dan letakkan panel gypsum sehingga garis potongnya beradapersis di atas tepian meja atau papan.
  • Patahkan panel dengan pelan ke arah bawah.
  • Kemudian potong kertas pelapis panel gypsum dengan menggunakan cutter.
  • Dan gunakan bor putar (rotary drill) untuk membuat lubang pada panel gypsum
  • Atau gunakan gergaji pembuat lubang kunci key hole saw

Pemasangan Papan Gypsum

Setelah selesai memasang rangka plafon, pekerjaan selanjutnya adalah memasang papan gypsum.

Usahakan memasang plafon dari pinggir untuk plafon polos, bagian pinggir papan harus tepat berada di tengah hollow.

Sehingga papan gypsum selanjutnya juga dapat dipasang berdampingan. Gunakan bor untuk mengencangkan sekrup.

Usahakan agar kepala sekrup tidak tenggelam ke dalam kertas papan gypsum.

Setelah semua papan gypsum selesai dipasang, selanjutnya menutup lubang dan nat dengan cornice. Pekerjaan ini disebut compound.

Pemasangan lis gypsum dimulai dari bagian sudut ruangan dengan membuat lis menjadi sudut 45 derajat sehingga akan bertemu dengan sudut lis di depannya menjadi 90 derajat.

Penghalusan dan pemeriksaan seluruh bagian plafon.

Cara Memasang Plafon Gypsum

Cara Memasang Plafon Gypsum Dengan Pengecatan

Jika warna plafon seragam, usahakan mengecat dari lis terlebih dahulu menggunakan kuas. Kemudian dilanjutkan mengecat papan gypsum menggunakan rol.

Ulang 2-3 kali hingga warna plafon tampak rata dan jelas.

Demikian cara memasang plafon gypsum. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar