Cara Memasang Wallpaper Sticker Dinding Sendiri

Cara Memasang Wallpaper Sticker Dinding Transparan. Wallpaper saat ini menjadi pilihan banyak orang untuk memperindah dinding ruangan. Dan salah satu yang banyak dipakai adalah Wallpaper Sticker.

Wallpaper jenis ini memiliki cara pasang yang sangat mudah tanpa harus mengaplikasikan lem. Karena sudah terdapat perekat pada sisi belakang wallpaper.

Jika Anda tertarik untuk memasang wallpaper sticker bisa simak cara memasang wallpaper sticker dinding dalam artikel ini.

Tapi sebelum itu baiknya Anda tahu juga beberapa jenis wallpaper sticker yang bisa Anda pilih untuk memperindah dinding Anda.

Jenis Wallpaper Sticker

Dibawah ini beberapa jenis wallpaper sticker yang perlu Anda ketahui:

1. Wall Sticker Transparan

Terbuat dari bahan vinyl. Dikatakan wall sticker transparan karena saat dipasang pada dinding, yang nampak hanya motif atau gambar dari bentuk desinnya sedangkan pinggiran gambarnya tidak terlihat.

Misalnya saja wall sticker transparan dengan motif mawar, maka yang terlihat hanya motif mawar dan plastik tepiannya tidak terlihat. Wall Sticker jenis ini dipakai untuk cat tembok yang berwarna putih.

Cara Memasang Wallpaper Sticker

2. Wall Sticker Non Transparan

Sama seperti wallpaper sticker transparan, jenis wall sticker ini juga rebuat dari bahan vinyl. Lebih tipis namun tetap miliki texture waterproof.

Wall sticker non transparan bisa mempercantik semua cat dinding dengan warna apapun.

Cara Memasang Wallpaper Sticker

3. Wallpaper Sticker 3 Dimensi (Timbul)

Untuk jenis wallpaper sticker 3 dimensi ini memiliki tekstur yang berbeda dari jenis wallpaper diatas, yaitu lebih timbul.

Sama sama memiliki tekstur waterproof tapi wallpaper ini lebih tebal dan timbul. Anda bisa mencoba meraba untuk merasakan tekstur wallpaper ini.

4. Wall Sticker Glow In The Dark

Sama dengan jenis wallpaper sebelumnya, wallpaper ini juga terbuat dari bahan vinyl yang kedap air.

Keunggulan dari jenis wall sticker ini adalah adanya motif yang dapat menyala saat Anda mematikan lampu atau ruangan dalam keadaan gelap.

Meski menyala tapi tidak bisa menggantikan nyala lampu, tapi Wall Sticker Glow In Dark ini akan memberikan keindahan tersendiri diruang gelap dan nampak lebih unik.

Motif dalam Wall Sticker Glow In The Dark ini bisa menyala karena terdapat kandungan bahan fosfor, ada juga yang dibuat dari bahan vinyl khusus yang glow in the dark.

Nah setelah memahami berbagai jenis wallpaper sticker yang banyak dipakai, terutama di Indonesia maka sekarang saatnya Anda tahu cara memasang wallpaper sticker dinding dengan mudah.

Hal ini bisa menghemat rupiah Anda loh! karena jika bisa melakukannya sendiri Anda tidak usah lagi menggunakan jasa pasang wall sticker, benar tidak ?

Cara Memasang Wallpaper Sticker Dinding

Sebelum membeli stiker alangkah baiknya perhatikan langkah-langkah di bawah ini agar waktu yang Anda punya bisa efisien.

Cara Memasang Wallpaper Sticker Pertama Adalah Perencanaan 

Tentukan lokasi dinding yang akan dipasang wallpaper sticker.

Misalnya akan menggunakan stiker diruang keluarga. Lihat warna catnya dan ada benda apa saja yang menempel.

Agar wallpaper sticker dapat menempel dengan sempurna, maka Anda harus memastikan kondisi permukaan dinding rata dan tidak lembab karena jika tidak sticker tidak akan dapat melekat sempurna.

Selanjutnya ukur luasan yang akan ditempel stiker. Setelah mendapatkan ukurannya baru memilih jenis desain yang akan dibeli.

Cara Memasang Wallpaper Sticker Ke-2 Adalah Belanja Bahan

Bawa catatan ukuran luasan yang tadi sudah diukur. Jika bagian dinding yang akan dipasang wall sticker hanya sebagian maka Anda perlu mencocokan warna striker dengan warna cat dinding.

Anda bisa memilih motif wallpaper sticker sesuai keinginan dengan mempertimbangkan desain ruang yang akan dipasangi wallpaper ini.

Membersihkan Permukaan Dinding

Bersihkan seluruh permukaan dinding yang akan dipasang stiker. Caranya dengan menggunakan spons yang basah, gosokan pada permukaan dinding sampai sudut-sudut ruangan yang biasanya dipenuhi oleh debu.

Jika menemukan dinding yang berlubang segera perbaiki. Setelah itu, tunggu hingga permukaan dinding kering kembali.

Pastikan Ukuran dan Tata Letak

Sebelum dipasang pastikan kembali bahwa ukuran wall sticker sudah sesuai dengan ukuran dinding yang akan dipasang.

Karena jika terjadi kesalahan dalam meletakan dan sampai mencopot stiker yang sudah dipasang, biasanya tidak akan rekat seperti sebelumnya jika dipasang kembali.

Disinilah ke-kreatifan Anda dituntut untuk dapat membuat tata letak yang unik dan menarik.

Cara Memasang Wallpaper Sticker

Nah Anda sekarang masuk dalam cara memasang wallpaper sticker dinding yaitu menempelkannya.

Sebelum menempelkan pada dinding Anda harus melepaskan bagian lapisan pelindung lem yang ada di bagian belakang.

Kemudian pasang stiker tersebut dari ujung ke ujung dengan menekan dan menarik garis lurus, setelah itu ratakan agar tidak ada bagian yang menggelembung.

Kesalahan yang sering terjadi pada saat pemasangan yaitu ada udara yang terjebak di dalam stiker sehingga permukaannya menggelembung dan mengakibatkan hasilnya tidak bagus.

Untuk itu segera lepas stiker yang menggelembung tadi dan pasang kembali dengan tepat.

Itulah cara-cara yang bisa Anda aplikasikan agar dalam pengerjaannya bisa mengefektifkan waktu dan tentunya tidak over budget karena ada revisi.