Cara Membuat Pagar Dari Bambu Yang Unik Dan Sederhana

Cara Membuat Pagar Dari Bambu Yang Simple. Bambu menjadi material yang banyak dipilih untuk menambah kesan natural pada bangunan. Begitu juga dalam pembuatan pagar.

Selain cara pembuatan pagar bambu yang mudah, bambu dipilih karena lebih murah dan dengan perawatan yang tepat juga akan tahan lama.

Karenanya penting untuk mengetahui beberapa jenis bambu sebelum mempelajari tentang cara membuat pagar bambu.

Karena hal pertama yang harus dilakukan untuk membuat pagar bambu adalah memilih jenis bambu yang cocok untuk Anda gunakan agar sesuai dengan konsep rumah dan kebutuhan Anda sendiri.

Jenis Bambu Untuk Pagar

Terdapat beberapa jenis bambu untuk konstruksi yang dapat Anda pilih sebagai opsi, antara lain:

1. Bambu Kuning

Jenis bambu ini sering kita temukan di sekitar perumahan sebagai tanaman hias, warnanya kuning dan bentuknya yang ramping.

Bambu kuning dapat ditanam langsung di dalam tanah ataupun langsung di pot.

Cara Membuat Pagar Dari Bambu

2. Bambu Jepang

Secara umum, bambu memiliki kemiripan secara bentuk. Yang menjadi pembeda hanya warna yang terdapat dalam bambu Jepang.

Bambu ini memliki bintik kuning pada batangnya dan warnanya lebih dominan hijau.

Cara Membuat Pagar Dari Bambu

3. Bambu Cendani

Jenis bambu ini banyak digunakan sebagai bahan kerajinan tangan karena memiliki bentuk yang fleksibel.

Bambu cendani juga dikenal sebagai bambu yang terkenal kuat dan awet.

Cara Membuat Pagar Dari Bambu

Cara Membuat Pagar Dari Bambu

Nah setelah mengetahui dan memilih jenis bambu yang tepat maka Anda bisa masuk pada cara membuat pagar dari bambu yang pertama yaitu menyiapkan alat dan bahan.

Lalu apa saja yang harus dipersiapkan untuk membuat pagar bambu sendiri?

Peralatan seperti gergaji, pensil, penggaris/meteran, gambar desain pagar, amplas, tali tambang, paku dan palu, sarung tangan dan cat kayu apabila dibutuhkan.

Langsung saja kita simak, cara membuat pagar dari bambu yang elegan untuk rumah Anda:

1.  Memilih Bambu

Pilihlah bambu sesuai dengan keinginan dan kreasi yang Anda butuhkan. Setelah memilih bambu, jangan lupa untuk memotong bambu sesuai dengan ukuran yang Anda inginkan.

Biasanya untuk tinggi pagar dibutuhkan tinggi sekitar 120cm sampai dengan 150cm tergantung dengan selera Anda.

2. Rendam Bambu

Tahap selanjutnya adalah dengan merendam bambu cukup lama sekitar 2 bulan untuk menghindari pelapukan bambu secara cepat dan membuat bambu lebih awet dari serangan rayap.

Merendam bambu akan memberikan warna berbeda juga membantu membersihkan bambu dari serbuk atau bulu-bulu halus yang mampu melukai tangan Anda.

Bulu-bulu ini juga terkadang dapat menyebabkan gatal jadi ada baiknya menggunakan sarung tangan untuk melindungi tangan Anda dari cedera-cedera yang tidak dinginkan.

3. Cara Membuat Pagar Dari Bambu Dengan Menentukan Desain

Selagi menunggu bambu yang masih direndam, ada baiknya Anda memulai mengukur pekarangan atau membuat desain pagar yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Saat ini sangat banyak desain bambu yang kreatif yang membuat Anda tidak merasa ketinggalan jaman lagi untuk menggunakan pagar berbahan bambu.

4. Menghaluskan Bambu

Jangan lupa untuk memperhalus bambu dengan amplas kayu jika dirasa ada bagian yang kurang halus atau tajam sehingga tidak menusuk atau melukai tangan Anda.

5. Memasang Bambu

Setelah direndam dalam jangka waktu tertentu, maka bambu tersebut sudah siap untuk dibentuk menjadi pagar sesuai dengan desain.

Anda bisa menggunakan bambu secara batangan bulat atau membelahnya menjadi dua jika Anda ingin membuat pagar dengan bahan baku cukup banyak.

Tanam batang bambu dengan diameter yang cukup besar pada tanah yang sudah Anda persiapkan sebagai landasan atau  pondasi untuk menempelkan bambu-bambu dengan potongan bagian kecil lainnya.

6. Cara Membuat Pagar Dari Bambu Dengan Menata Bambu

Cara membuat pagar dari bambu yang selanjutnya adalah dengan menata sesuai dengan desain yang telah Anda buat.

Bisa dengan cara mensejajarkan bambu secara horisontal dan diikat menggunakan tali tambang , atau juga bisa menanam bambu dengan pola zig zag.

7. Merapikan Bambu

Anda dapat merapikan pagar bambu yang tidak sama tinggi dengan memotongnya menggunakan gergaji. Setelah sama rata, Anda bisa menghaluskannya agar tampak lebih rapi lagi.

Pilihan yang lain adalah Anda bisa dengan menutup bagian atas pagar atau bawah dengan menggunakan bambu yang diletakkan secara vertikal kemudian memakunya atau bisa juga dengan menggunakan tali untuk mengikatnya.

8. Mengecat Bambu

Untuk sentuhan terakhir tergantung pada pilihan saja. Anda dapat melakukan polesan terakhir dengan memberikan warna yang Anda suka pada pagar Anda, sehingga tampilannya semakin menarik.

Atau, jika ingin tetap mempertahankan corak alamiah yang ada pada bambu, mungkin Anda dapat menggunakan plitur kayu sehingga corak kayu tetap terlihat dengan apik.

Nah, itulah tadi cara membuat pagar bambu sendiri dengan cepat dan murah yang dapat dilakukan.

Cukup mudah bukan? Sekarang sudah bukan jamannya melihat bahan berbahan baku bambu menjadi sesuatu yang ketinggalan jaman atau identik digunakan di pedesaan.