Cara Membuat Taman Depan Rumah Minimalis Dan Simpel

Cara Membuat Taman Depan Rumah Sederhana Sendiri. Ingin membuat pekaranganmu menjadi lebih indah dan berwarna?.

Tapi masih bingung bagaimana cara membuat taman depan rumah sendiri?. Tak usah cemas, karena dalam hal ini kita akan membahas bagaimana cara memperindah lahan depan rumah menjadi taman minimalis yang indah.

Tentunya banyak orang ingin memiliki hunian yang dihiasi dengan pekarangan indah dan menyejukkan mata.

Tapi akhirnya banyak orang yang mengurungkan untuk membuat taman depan rumah karena beranggapan hal tersebut sangatlah menyulitkan.

Padahal nyatanya membuat taman minimalis depan rumah tidak terlalu sulit, begitu juga alat yang dibutuhkan juga tidak terlalu banyak.

Anda hanya mengerahkan sedikit imajinasi dan kreativitas untuk membuat taman depan rumah.

Langsung saja, berikut review cara membuat taman minimalis depan rumah. Mulai dari apa saja yang harus disiapkan hingga penataan ornamen taman yang tepat.

Cara Membuat Taman Depan Rumah

Tidak perlu merasa bingung harus memulainya seperti apa, simak saja artikel berikut ini tentang cara membuat taman depan rumah.

1. Menentukan Luas Lahan

Tahap pertama dalam membuat taman sendiri tentunya adalah menentukan luas area yang akan dibentuk taman.

Tidak perlu diambil pusing dalam tahap awal ini, karena walaupun lahan yang dipergunakan mungkin sangatlah terbatas, Anda tetap dapat menyiasatinya dengan keindahan estetika yang optimal dari desainnya nanti.

2. Menentukan Desain Taman yang Sesuai

Setelah menentukan luas lokasi taman, Anda dapat lebih mudah menentukan desain taman yang ingin dibuat.

Secara umum, taman dibagi menjadi dua area yaitu area untuk rumput (sebagai penutup tanah) dan tanaman.

Walaupun sebenarnya area untuk rumput bisa diganti dengan area bebatuan atau papan kayu jika Anda memilih untuk membuat model taman kering.

Cara Membuat Taman Depan Rumah

3. Menentukan Batasan Taman

Menentukan batasan taman berfungsi untuk mempertegas bahwa area tersebut termasuk taman.

Batas tersebut bisa dengan material pagar taman, pembatas dari kayu, keramik lantai, tanaman bunga teh, ataupun penanda lainnya sesuai dengan kreasi masing-masing.

Tahapan ini juga dapat menyesuaikan dari gaya arsitektur rumah Anda.

4. Membentuk Struktur Tanah

Cara membuat taman selanjutnya adalah pembentukan struktur tanah. Taman harus berisi tanah yang berkualitas karena penting untuk pertumbuhan tanaman yang akan dipilih nanti.

Dengan kualitas tanah yang baik tentu mudah untuk menciptakan taman yang subur sehingga tidak perlu melakukan perawatan yang berlebihan karena telah mendapatkan nutrisi dari tanah.

Sebelum pembentukan struktur, ada baiknya Anda harus membersihkan lahan taman tersebut.

Bersihkan dari sampah, bekas material bangunan, atau tumbuhan ilalang. Setelah membersihkan lahan, Anda dapat memperbaiki kualitas lahan.

Perbaikan kualitas lahan dapat ditempuh dengan memberikan pupuk organik dengan penyebaran harus benar – benar rata.

Setelah itu, memastikan kepadatan tanah. Anda dapat menggunakan sekop kecil untuk mengaduk tanah dengan ketinggian 20 – 50 cm agar seluruh pupuk organik tercampur dengan sempurna.

Tahapan pembentukan struktur tanah ini, Anda sekaligus menentukan kontur tanah seperti tanah pada area mana yang akan dibuat gundukan, lingkaran atau bentuk lain sesuai desain taman yang sudah Anda tentukan di langkah sebelumnya.

Poin penting lainnya adalah memikirkan saluran air agar tidak ada genangan di taman nantinya.

5. Cara Membuat Taman Depan Rumah Dengan Memilih Tanaman

Setelah struktur tanah telah siap, tentu selanjutnya Anda harus memilih tanaman yang akan ditanam.

Pastikan jenis tanaman yang Anda pilih sesuai dengan iklim dan kondisi cuaca di lingkungan.

Anda juga harus menyesuaikan luas taman untuk menentukan pilihan tanaman yang cocok.

Misal jika ukuran taman cukup luas, bonsai dan jenis perdu terbilang sangat sesuai.

Jika ukuran taman tidak terlalu luas seperti taman minimalis depan rumah type 36, Anda bisa memilih tanaman semak hias yang meliputi bromelia, sambung dara, atau jenis yang lain sesuai selera Anda.

6. Proses Menanam Tanaman

Setelah segala macam tanaman yang dipilih sudah siap, maka proses selanjutnya adalah menanamnya.

Tahapan ini adalah proses yang paling mengasyikkan. Anda dapat memulai menanam dari jenis tanaman yang besar.

Perlu diperhatikan untuk mengatur posisi tanaman sehingga sesuai dengan luas lahan. Setelah itu, barulah mengatur tanaman – tanaman kecil di sekitarnya.

Anda dapat menyusunnya sesuai dengan jenis atau warna bunga maupun cara yang lain sesuai kreasi Anda agar menciptakan komposisi gradasi tanaman yang indah.

Beberapa benih tanaman bisa diletakkan langsung ke dalam tanah atau harus ditumbuhkan secara terpisah di pot – pot individu.

7. Menambah Aksen Jalan

Cara Membuat taman berikutnya yang sangat penting adalah Anda harus membuat jalan menuju ke taman atau dari taman menuju ke dalam rumah.

Jalan setapak ini juga dapat difungsikan untuk menyiram tanaman tanpa harus menginjak-injak area tanah tanaman sehingga tidak merusaknya.

8. Cara Membuat Taman Depan Rumah Dengan Menanam Rumput

Area tanah yang masih terlihat perlu ditutupi dengan rumput agar bentuk landscape taman menjadi lebih menarik.

Jenis rumput yang biasanya digunakan antara lain rumput golf grinting, rumput agrotis, rumput gajah mini, rumput swiss, dan rumput lamuran.

Anda dapat memilihnya sesuai dengan luas taman dan anggaran Anda.

Selain menutupi area tanah kosong dengan rumput, Anda juga dapat menggunakan jenis batuan dekoratif seperti batu granit komposit, kerikil kacang (pea gravel), kerikil batu kali, kerikil pecahan granit, atau batu pebble.

9. Memberikan Hiasan Pelengkap

Tahapan finishing cara membuat taman depan rumah sederhana agar lebih indah dan cantik adalah dengan memberi sentuhan hiasan untuk taman.

Seperti halnya memasang lampu taman sebagai sumber pencahayaan di malam hari, penambahan tanaman hias gantung juga menjadi alternatif inspiratif untuk melengkapi taman Anda.

Tinggalkan komentar