Cara Mengatasi Pipa Bocor Dalam Tembok

Cara Mengatasi Pipa Bocor Dalam Tanah. Tentu diantara kita pernah mengalami pipa bocor yang mengakibatkan rembesan air dimana mana.

Hal ini tentu sangat menggganggu dan harus segera diatasi, agar penghuni rumah bisa nyaman kembali.

Sebelum Anda melakukan perbaikan  untuk mengatasi pipa bocor dalam tembok ataupun lantai, sebaiknya Anda ketahui dulu denah jalur instalasi pipa tersebut dan deteksi bagian pipa mana yang bocor.

Sebenarnya ada cara lain untk mengetahui kebocoran kecuali alat deteksi pipa dalam tembok yaitu dengan melihat tanda rembesan, genangan air atau ada tidaknya air yang keluar ke lantai keramik.

Untuk mengetahui jalur instalasi pipa air bisa Anda tanyakan pada arsitek yang merancang rumah Anda.

Sementara untuk mendeteksi bagian pipa mana yang bocor maka Anda dapat melihat dari hasil rembesnya.

Melaui denah jalur instalasi Anda juga dapat mendeteksi titik – titik sambungan pipa yang rawan bocor.

Namun masalahnya denah jalur instalasi ini mungkin akan sulit Anda ketahui, apalagi jika Anda merupakan pemilik rumah kedua.

Selain dengan melihat rembesan, cara mengetahui adanya kebocoran pipa juga dapat diketahui apalagi bila Anda merupakan pemiliki rumah kedua tersebut.

Cara Mengatasi Pipa Bocor

Berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi pipa PVC yang bocor di rumah:

1. Cari tahu letak kebocoran

Salah satu tanda bocornya pipa PVC adalah tetesan atau rembesan pada sepanjang pipa atau pada dinding dan lantai bila pipa ditanam di dalamnya.

Namun, bukan berarti titik tersebut merupakan sumber dari kebocoran, karena air bisa saja mengalir terlebih dahulu sepanjang pipa sebelum kemudian menetes atau menggenang dan merembes.

Nah, untuk mengetahui secara jelas sumber atau titik kebocoran, langkah yang harus dilakukan adalah membersihkan bagian pipa yang dicurigai sebagai sumber kebocoran dengan lap kering, kemudian perhatikan dengan seksama untuk memastikan sumber kebocoran.

Namun, untuk pipa yang ditanam maka yang harus dilakukan adalah membongkar terlebih dahulu area dinding atau lantai yang dicurigai sebagai tempat sumber pipa yang bocor.

Dalam melakukan pembongkaran ini, sebaiknya lakukan dengan hati – hati untuk menghindari kerusakan lebih luas pada pipa.

2. Cara Mengatasi Pipa Bocor Dengan Menyambung Atau Menambal Pipa

Sebelum mengganti pipa yang rusak, pastikan dulu apakah kebocoran terjadi pada pipa saja atau pada sambungannya.

Ini karena beda bagian yang bocor berbeda juga cara mengatasinya.

  • Mengatasi kebocoran pada sambungan pipa

Bila kebocoran terjadi pada sambungan pipa, maka cara mengatasi pipa bocor yang harus dilakukan adalah mengganti sambungan pipa yang rusak dengan sambungan yang baru.

Pada saat penggantian sambungan, lapisilah bagian sambungan dengan sealtape agar sambungan lebih rapat sekaligus menghindari terjadi kebocoran pipa dikemudian hari.

Cara Mengatasi Pipa Bocor

  • Mengatasi kebocoran pada badan pipa

Ada dua cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi kebocoran yang terjadi pada badan pipa, yakni dengan menambalnya atau mengganti pipa secara keseluruhan.

Penambanalan dilakukan bila kerusakan yang terjadi masih dalam skala kecil sepert lubang atau retakan kecil.

Cara mengatasi pipa bocornya adalah dengan memotong pipa yang digunakan untuk menambal membentuk huruf U; pastikan ukurannya lebih besar sehingga dapat menutupi area yang bocor.

Oleskan lem khusus untuk pipa PVC pada kedua pipa, kemudian tempel dan tahan hingga pipa benar – benar mengering.

Sementara penggantian pipa dilakukan ketika bagian yang bocor ternyata cukup besar dan tidak bisa lagi dilakukan penambalan.

Caranya adalah dengan memotong area pipa yang bocor tadi, sebaiknya lebihkan area pemotongan sekitar 1 sampai 2 inci untuk menghindari adanya kebocoran kecil disekitar sumber bocor tadi.

Pastikan pipa sudah benar-benar kering dari sisa air. Kemudian sambung dengan pipa baru yang berukuran sama dengan menggunakan lem PVC atau drat.

3. Pastikan Pipa Sudah Tidak Bocor

Cara mengatasi pipa bocor yang terakhir adalah dengan memastikan bila sambungan dan tambalan sudah dilakukan dengan benar.

Coba nyalakan lagi pompa air dan amati apakah masih ada rembesan air atau apakah pompa air terus terusan menyala padahal semua kran dan toren penampung air sudah penuh.

Bila semua kondisi sudah oke, sekarang saatnya Anda menutup kembali dinding dan lantai tersebut lalu rapikan agar penampakannya tidak belang.

Incoming search terms:

  • memotong pipa di temboo bagaimana
  • tips atasi sambungan pipa paralon bocor posisi sulit