Cara Pasang MCB Listrik Baru Di Rumah

Cara Pasang MCB Listrik Sendiri. MCB (Miniatur Circuit Breaker) atau juga sering disebut dengan master saklar merupakan stasiun kontrol distributor arus listrik yang dibuat dengan tujuan untuk menjaga keselamatan terhadap pengguna listrik.

Fungsi utama dari MCB adalah sebagai pembatas daya listrik yang secara otomatis mampu memutuskan arus listrik bila terjadi pemakaian atau beban listrik yang melebihi dari daya yang terdapat pada kWh meteran di rumah.

Selain itu, fungsi dari MCB juga sebagai pengaman jika adanya hubungan singkat arus listrik atau korsleting.

MCB yang terdapat pada rumah-rumah warga, terpasang pada kWh meter dan biasanya ada MCB tambahan yang juga terpasang di dalam rumah pada papan hubung bagi (PHB).

Aliran listrik yang dilintasi MCB utama ini kemudian di distribusikan lagi secara terpisah melalui beberapa MCB tambahan yang telah dipasang.

MCB utama juga dinamakan dengan Master Saklar, karena jika saklar ini di matikan (Switch  Off), maka arus listrik yang mengalir pada seluruh bagian rumah juga otomatis mati.

Jika Anda sudah mengetahui cara memasang MCB pada box yang benar maka Anda juga bisa melakukan tambahan MCB baru pada box panel yang ada.

Dan tidak hanya itu teman – teman juga bisa mengganti sekring pada instalasi lama dengan MCB jika diperlukan.

Melalui skema berikut kami contohkan cara pasang MCB pada box panel dan akan kami jelaskan cara memasang MCB tersebut.

Sebagai contoh, MCB yang kami ilustrasikan hanya 3 buah dimaksudkan untuk 2 kelompok beban misalnya untuk beban lantai 1 dan lantai 2 dan 3.

Cara Pasang MCB

Alat Dan Bahan Yang Dibutuhkan

Sebelum Anda melakukan cara pasang MCB, maka sebaiknya siapkan beberapa alat dan bahan berikut ini:

Bahan Bahan:

  1. MCB (Ukuran Ampere disesuaikan)
  2. Box MCB Atau Box Panel
  3. Sekrup
  4. Isolasi
  5. Pake Sadel
  6. Kabel NYA/NYM (minimal dengan ukuran 2.5 mm2)

Alat Alat:

  1. Tang Kombinasi
  2. Tang Potong
  3. Obeng Min Plus
  4. Tespen
  5. Palu dan lain lain

Jika semua alat diatas sudah tersedia maka sudah saatnya Anda melakukan pemasangan MCB.

Perhatian sebelum melakukan pekerjaan instalasi listrik di rumah:

  • Matikan sumber lisrik di rumah pada MCB utama ( dibawah kWh meter) dengan menurunkan tuasnya atau posisi “OFF”, sebelum melakukan pekerjaan yang berhubungan dengan instalasi listrik.
  • Pastikan tidak ada lagi arus listrik yang mengalir ke seluruh jaringan listrik di rumah dengan menggunakan testpen.
  • Periksa dan pastikan terlebih dahulu alat testpen yang digunakan benar–benar dalam kondisi bagus.
  • Selalu menggunakan alas kaki yang berbahan karet (isolator) dan kering untuk keamanan.
  • Sebaiknya menghindar melakukan pekerjaan listrik sendirian.

Cara Pasang MCB (Miniatur Circuit Breaker)

Berikut adalah langkah untuk memasang MCB dirumah yang harus Anda lakukan dengan tepat, diantaranya:

  1. Sebelum memasang MCB maka hal terpenting yang harus dilakukan adalah menentukan kabel fasa atau netral. Jika pemasangan MCB berupa penambahan maka untuk menentukan kabel fasa atau netral dapat dilakukan dengan menggunakan Testpen atau kode warna kabel dari kabel yang ada.

  1. Setelah mengetahui polaritas fasa dan netral maka hal selanjutnya adalah menempatkan box MCB atau box panel pada tempat yang diinginkan yang didalam box panel tersebut telah berisi MCB.

  1. Siapkan kabel yang nantinya akan dihubungkan dengan MCB didalam box panel. Sebagai contoh untuk kabel fasa. Netral maupun ground lihat skema cara memasang MCB diatas.
  2. Dari contoh skema diatas, hubungkan kabel fasa yang berwarna hitam L1 atau coklat (L2) atau abu – abu (L3) keterminal MCB sebagai input. Buka tutup terminal sekrup tersebut dengan menggunakan obeng.

Cara Pasang MCB

  1. Begitu juga pada bagian output MCB, buka dan tutup terminal sekrup untuk menghubungkan kabel fasa yang nanti akan melayani bagian beban atau stop kontak. Pada bagian output diharuskan mempunyai warna yang sama dengan input agar tidak membingungkan.
  2. Jika pemasangan MCB lebih dari satu buah maka ulangi cara pasang MCB tersebut mulai point 4 dan 5. Jika pembagian beban adalah sefasa atau sama fasa maka cukup kopel atau jumper kabel input MCB yang awal dengan yang lainnya. Namun jika pembagian beban dengan berbeda fasa antara MCB satu dengan yang lainnya maka warna kabel juga harus dibedakan.
  3. Untuk kabel netral dan ground silahkan dihubungkan kemasing masing netral dan terminal ground untuk kabel ground. Terminal netral dan terminal ground tersebut berfungsi sebagai titik penyambungan sebelum menuju beban.

Incoming search terms:

  • cara memasang mcb ke stop kontak