Cara Pasang Plafon GRC Rangka Kayu Dan Keunggulannya

Cara Pasang Plafon GRC Rangka Kayu. Plafon, atau langit-langit rumah, merupakan komponen bangunan yang melindungi hunian kita dari debu dan segala kotoran pada kerangka atap.

Saat ini plafon berdasarkan bahannya dibagi menjadi beberapa jenis, dimana tiap jenisnya memiliki kelebihan dan kekurangan masing masing.

Dari beberapa jenis plafon yang ada dipasaran, palfon GRC menjadi plafon yang paling banyak dipakai untuk menutup langit langit rumah.

GRC merupakan singkatan dari Glassfiber Reinforced Cement. Sebuah material yang terbuat dari campuran semen dan serat.

Bahan ini akan kita bahas sekarang karena peminatnya yang cukup banyak di Indonesia.

Bahan GRC sendiri sebenarnya adalah perpaduan antara serat dan semen.

Jika Anda memperhatikan secara sekilas, Anda tentu beranggapan bahwa plafon ini mirip dengan plafon gypsum tapi sebenarnya keduanya sungguh berbeda.

Salah satu yang membedakan keduanya adalah dari segi teksturnya, plafon GRC bahan dasarnya mirip beton tapi lebih ringan dan mudah diatur.

Sebagai bahan penguatnya, plafon GRC menggunkan serat glassfiber.

Dibandingkan dengan plafon gypsum yang kadang kasar dan berlubang lubang, permukaan plafon GRC ini lebih halus dan rata.

Keunggulan Plafon GRC

Dengan memasang plafon GRC Anda tidak perlu khawatir akan memasangnya pada ruangan yang memiliki kelembaban tinggi, karena bahan GRC memiliki daya tahan lebih terhadap air.

Tak hanya itu, plafon GRC juga memiliki banyak keuntungan yang bisa menjadi bahan pertimbangan untuk menggunakan plafon jenis ini, diantaranya:

1. Bahan Mudah Dibentuk

Dengan menggunakan bahan GRC sebagai plafon rumah, maka Anda bisa dengan mudah menyesuaikan bentuk dengan konsep rumah.

Baik untuk konsep rumah tinggal minimalis, arsitektur modern tropis, desain rumah modern eropa dan desain rumah lainnya.

Karena inillah salah satu keunngulan, bahan GRC yaitu sangat mudah dibentuk.

2. Memiliki Daya Tahan Yang Lebih Lama

Tak hanya mudah dibentuk Plafon dari bahan GRC ini memiliki daya tahan yang lebih lama.

Mengingat plafon jenis ini memiliki tingkat kelembaban yang tinggi. Kebanyakan plafon GRC memiliki daya tahan hingga 25 tahun pemakaian.

Jadi dibandingkan plafon gypsum tentu jauh lebih lama.

3. Harga Terjangkau

Jika Anda ingin memasang plafon dengan nuansa elegan tapi budget tidak terlalu besar, plafon GRC bisa menjadi pilihan yang paling tepat.

Sebab plafon GRC dijual dengan harga yang cukup terjangkau, begitu juga dengan biaya pemasangannya pun tidak mahal karena tergolong sangat mudah.

Nah inilah salah satu keunggulan yang menjadi bahan pertimbangan para kontraktor untuk menggunakan plafon GRC ini yaitu cara pasang plafon GRC yang sangat mudah.

Cara Pasang Plafon GRC

Tertarik untuk menggunakan plafon GRC?. Maka Anda perlu menyimak info cara pasang plafon GRC berikut ini, pastikan Anda melakukan tahap demi taham dengan baik dan benar:

1. Memetakan luasan plafon

Menggunakan bahan plafon apapun, lankah awal yang perlu Anda lakukan dalam pemasangan adalah mengukur dimensi ruangan tersebut terlebih dahulu.

Berapakah panjang dan lebar ruangan tersebut?.

Untuk mencegah kekurangan bahan plafon atau kesalahan-kesalahan lain, pastikan Anda melakukan proses pengukuran ini harus dilakukan secara teliti.

2. Memilih material GRC

Dalam memilih plafon GRC Anda harus mempertimbangkan luas sesuai kebutuhan ruangan dan disesuaikan dengan desain konsep hunian yang dipilih.

Apakah model rumah scandinavia, berbagai desain rumah minimalis dan sebagainya.

Selain itu warna plafon juga harus disesuaikan dengan warna cat rumah yang indah dan sejuk.

3. Cara pasang plafon GRC dengan memasang rangka

Setelah dimensi dan desain plafon sudah ditetapkan, maka cara pasang Plafon GRC selanjutnya adalah memasang rangka plafon.

Anda bisa menggunakan rangka plafon yang sudah dijual dipasaran baik dari kayu atau dari material baja ringan atau material metal seperti hollow square.

Jika Anda menggunakan material rangka kayu, pastikan kayu tersebut termasuk ke dalam jenis kayu yang tidak dimakan rayap.

4. Memaku plafon

Ketika rangka kayu sudah selesai dipasang, langkah selanjutnya yang dapat Anda lakukan adalah memasang plafon tersebut.

Gunakanlah alat bantu berupa tangga lipat untuk mengerapkan planel plafon pada rangka kayu.

Jika Anda menggunakan jenis rangka kayu, maka Anda perlu menggunakan paku khusus yang memiliki diameter 2 mm dengan panjang sebesar 25 mm serta memiliki kepala yang lebar dan juga di galvanis.

Cara Pasang Plafon GRC

5. Perhatikan bagian sambungan

Umumnya bagian sambungan antara plafon GRC satu dengan yang lainnya dapat dengan mudah mengalami keretakan.

Sebagai pilihan, Anda dapat menggunakan sistem sambungan square, dimana pada setiap nat atau titik pertemuan panel akan digunakan kompon versaboard.

6. Proses finishing cara pasang plafon GRC

Jika semua langkah tersebut sudah selesai dilakukan, maka selesailah proses pembuatan plafon GRC.

Untuk proses akhirnya, Anda dapat mengecat kembali permukaan plafon dengan warna yang diinginkan.

Jangan lupa ketika pekerjaan sudah selesai, segera bersihkan kembali sampah hasil pekerjaan dengan menggunakan alat kebersihan rumah berupa sapu, kain pel dan sebagainya.

Incoming search terms:

  • Cara Pasang plafon GRC rangka kayu
  • cara pasang plafon rangka kayu
  • https://jasaterdekat com/cara-pasang-plafon-grc/