Cara Service AC Rumah Sendiri Yang Mudah Dan Hemat

Begini Cara Service AC Rumah Sendiri. Untuk menjaga kenyamanan dalam menjalani aktifitas harian baik itu dirumah atau dikantor banyak orang memilih AC (Air Conditioner) sebagai pendingin ruangan.

Terlebih bagi mereka yang berada pada daerah padat penduduk seperti ibu kota. AC bisa menjadi salah satu kebutuhan pokok yang wajib terpenuhi dalam suatu ruangan.

Tapi sayangnya sama dengan barang elektronik lain, AC juga memerlukan perawatan dan service rutin agar memiliki masa pemakaian yang lebih panjang atau tidak mudah rusak.

Karena kami yakin Anda tentu akan jengkel jika AC tiba-tiba mati atau tidak dingin saat suhu dalam ruangan sedang panas panasnya.

Tapi faktanya tak sedikit orang yang memiliki AC tidak bisa melakukan perawatan dan cara service AC rumah sendiri.

Padahal ini justru sangat penting diketahui, supaya tidak bingung saat AC tiba-tiba mati atau alami masalah AC ringan lainnya.

Nah diartikel ini kita akan membahas perawatan dan cara service AC rumah sendiri.

Cara Service AC Rumah Sendiri

Sebelum kita lanjut, Mungkin ada yang bertanya mengapa AC harus di rawat dan apa keuntungannya?

Ada beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan jika dapat melakukan perawaatan dan service AC mandiri, diantaranya:

  • Mencegah kerusakan dini
  • Supaya AC tetap bekerja dengan sempurna
  • Supaya tagihan listrik Anda tidak terlalu banyak dengan adanya AC, karena apabila AC kotor juga akan memakan daya listrik yang banyak dan kerja kompresor jadi berat.
  • Supaya AC tidak bocor air.

Dan berikut ini adalah cara service AC rumah sendiri dirumah, yaitu:

1. Bersihkan Filter atau Saringan Udara AC

Meski filter udara terletak pada bagian dalam AC, tapi Anda bisa membersihkan bagian ini sendiri.

Langkah awal yang perlu dilakukan adalah dengan melepaskan bagian filter dengan cara membuka tutup chasing depan indoor.

Kemudian bersihkan filter dengan membilas dan mencucinya dengan sabun.

Sebelum dipasang kembali, pastikan filter sudah benar benar kering. Perawatan ini baiknya Anda lakukan minimal 1 minggu sekali.

Untuk menjaga agar debu atau kotoran tidak menempel terlalu tebal.

2. Service Cuci AC Rutin 3 Bulan Sekali

Jika pembersihan filter perlu dilakukan seminggu sekali, ada juga perawatan rutin yang baiknya dilakukan 3 bulan sekali.

Service AC tersebut adalah service Cuci AC. Untuk service cuci AC sendiri dibagi menjadi 2 bagian yaitu Service Unit Indoor (AC bagian dalam) dan Service Unit Outdoor (AC bagian luar).

Service Unit Indoor (AC bagian dalam)

Cara pertama untuk melakukan service ini adalah dengan membuka tutup indoor atau chasing.

Kemudian bersihkan evaporator yang ada kisi-kisinya itu dengan menggunakan air bersih.

Agar air tidak berceceran saat melakukan service ini Anda bisa menggunakan plastik khusus service AC atau plastik lain yang sudah disesuaikan untuk dapat menampung air bekas service.

Jangan lupa semprot saluran pembuangan air AC juga, supaya lancar pembuangannya dan tidak terjadi bocor air di kemudian hari.

Service Unit Outdoor (AC bagian luar)

Untuk membersihkan unit AC bagian luar Anda tidak perlu membongkarnya, cukup Anda semprot dengan air bagian evaporator outdoor tersebut.

Namun, apabila outdoor terlalu kotor parah, Anda bisa membuka tutupnya lalu cuci yang bersih untuk hasil maximal.

Apabila Anda ingin mengerjakan perawatan AC ini sendiri, Anda harus punya motor steam yaitu mesin untuk membersihkan AC tersebut supaya tekanan air benar-benar kencang sehingga AC benar-benar bersih.

Namun, apabila Anda tidak mempunyai alat tersebut, atau Anda ragu untuk melakukannya sendiri, Anda bisa memakai jasa service AC yang profesional atau Anda bisa memanggil teknisi AC yang sudah handal dan ahli untuk merawat AC.

Perawatan AC secara berkala bisa menjamin kualitas AC dan udara yang dikeluarkan.