Cara Service Lampu Emergency Simpel Dan Murah

Tips Cara Service Lampu Emergency. Pada postingan kali ini penulis akan membahas cara memperbaiki lampu emergency, lampu emergency disini adalah lampu penerangan darurat yang digunakan pada saat listrik PLN padam.

Beberapa lampu emergency juga bisa dibawa saat berpergian sebagai sumber penerangan saat berada ditempat gelap.

Karena manfaatnya yang sangat membantu inilah, tak heran jika hampir setiap rumah tangga memiliki setidaknya satu lampu emergency.

Lalu bagaimana jika lampu emergency Anda mati?. Jangan terburu beli lagi ya, karena Anda masih bisa memperbaikinya sendiri.

Dalam artikel ini akan dibahas cara service lampu emergency, tapi sebelumnya Anda perlu tahu beberapa jenis lampu emergency yang banyak dipakai masyarakat.

Jenis Lampu Emergency

Berikut jenis lampu emergency yang sering dipakai :

1. Lampu Emergency Kotak

Dengan bentuk kotak dan ukurannya kurang lebih 25cm x 25cm. Lampu emergency ini banyak menggunakan lampu neon ring untuk penerangan.

Tetapi sekarang banyak juga yang sudah menggunakan lampu LED. Sifat dari bentuk lampu emergency ini adalah untuk penerangan ruangan yang luas, contohnya ruangan utama atau kamar tidur utama didalam rumah.

Cara Service Lampu Emergency

2. Lampu Emergency Linear Atau Panjang

Lampu emergency linear menggunakan lampu neon TL 18W. Tetapi sekarang juga banyak yang sudah menggunakan lampu LED sebagai penerangan utama.

Fungsi dari lampu emergency linear juga mirip dengan lampu emergency kotak dimana sinarnya mempunyai sudut yang luas sehingga lebih digunakan di ruangan utama dan kamar utama.

3. Lampu Emergency Sorot

Yaitu lampu emergency yang mempunyai dua buah lampu sorot di sisi kanan dan sisi kiri.

Lampu sorot menggunakan halogen 10 watt tetapi sekarang juga banyak yang menggunakan lampu LED type COB dimana sinarnya sangat kuat dan terang.

Cara Service Lampu Emergency

4. Lampu Emergency Bulb atau Bohlam

Lampu emergency ini berbentuk bohlam biasa tetapi menggunakan lampu LED sebagai penerangan.  Banyak menggunakan lampu LED 5 watt.

Lampu emergency bulb dapat di pasang di downlight umumnya sehingga pemasangannya sangat praktis.

Walaupun sinar dari lampu emergency bulb tidak terang sekali, fungsinya untuk memberikan penerangan darurat ketika lampu PLN padam, ruangan tidak seketika gelap gulita.

Cara Service Lampu Emergency

5. Lampu Emergency Powerpack

Dimana lampu emergency ini hanya sediakan elektronik dan batere tanpa lampunya.

Lampunya dapat dipasang di lampu penerangan biasa seperti lampu LED dan lampu hemat energy walaupun jenis dari elektronik sangat berbeda.

Kegunaan dari lampu emergency powerpack juga hanya sebagai lampu penerangan darurat dimana ketika lampu PLN padam, ruangan tidak segera gelap gulita.

Cara Service Lampu Emergency

Untuk memperbaiki sebuah lampu emergensi kita harus tahu terlebih dahulu apa yang ada di dalamnya dan bagaimana cara kerja lampu tersebut

Bagian bagian pada lampu emergency antara lain:

  • Baterai
  • Rangkaian Charger
  • Saklar On/Off
  • Lampu LED / Lampu TL atau Neon.
  • Rangkaian Inventer (hanya untuk lampu emergensi yang menggunakan lampu TL)

Cara Kerja Lampu Emergency

Pada saat lampu di colokan ke listrik 220volt maka rangkaian charger akan bekerja mengisi battery sampai penuh 6volt atau 12volt.

Apabila saklar dalam keadaan ON selama dalam masa pengecasan lampu akan otomatis padam, apabila listrik tiba-tiba padam maka secara otomatis lampu akan langsung menyala.

Dalam keadaan battery masih normal atau masih terhitung bagus maka lampu emergency akan tahan menyala kurang lebih 2 jam.

Kerusakan Dan Cara Service Lampu Emergency

Kerusakan-kerusakan yang sering terjadi pada lampu emergency:

  • Kerusakan pada battery, tanda-tandanya: setelah di cas penuh tetapi saat lampu dinyalakan tidak bertahan lama. Atau setelah di cas lama tetapi kalau diukur tegangan battery tetap drop.Cara memperbaikinya adalah dengan mengganti batterynya.
  • Kerusakan pada rangkaian chargernya, tanda-tandanya: pada saat dicolokan kelistrik 220 lampu indikator tidak menyala, dan pada saat kita ukur tegangan output yang ke battery tidak keluar. Cara memperbaikinya perlu dilakukan pengukuran secara detail pada komponen pendukung seperti kapasitor, resistor ataupun transistornya.

  • Kerusakan pada saklar, tanda-tandanya jika saklar di ON kan lampu terkadang nyala tapi juga terkadang tidak (biasanya kerusakan pada saklar jarang terjadi).
  • Kerusakan pada lampu, untuk kerusakan pada lampu LED jarang terjadi, untuk kerusakan pada lampu TL / Neon tanda-tandanya pada bagian ujung Neon biasanya berwarna hitam.
  • Kerusakan pada rangkaian inventernya, tanda-tandanya bila battery diukur tegangan bagus 6 / 12 volt kemudian lampu juga bagus , tetapi kalau di nyalakan tidak bisa menyala. Cara memperbaikinya perlu dilakukan pengukuran secara detail di setiap komponennya.

Untuk kerusakan yang sangat sering pada lampu emergency adalah pada battery-nya

Incoming search terms:

  • Memperbaiki lampu cas yg mati
  • Serfis emergency
  • Tempat service lampu emergency terdekat