Cara Service Water Heater Berdasarkan Jenisnya

Cara Service Water Heater Sendiri. Water Heater atau alat pemanas air adalah salah satu alat yang banyak dipakai oleh masyarakat sekarang ini, terutama untuk keluarga yang mempunyai anak kecil.

Umumnya, anak kecil akan lebih banyak memerlukan air hangat untuk bermacam keperluannya daripada dengan orang dewasa.

Apabila orang tua selalu memasak air guna memenuhi kebutuhan air untuk sang anak, pastinya akan sangat merepotkan.

Tidak hanya itu saja, apabila air hangat diperlukan sesegera mungkin, tentunya mesti memasak terlebih dahulu dan akan memakan waktu yang lama jika dibandingkan dengan memakai Water Heater.

Tapi Water Heater yang sudah digunakan dalam jangka lama, bisa saja mengalami kerusakan. Bagaimana cara mengatasinya?, Apakah perlu pergi ke jasa service Water Heater?.

Faktanya beberapa kerusakan ringan masih bisa Anda perbaiki sendiri dengan cara service Water Heater yang tidak terlalu sulit.

Dan info lengkapnya bisa Anda simak pada review berikut.

Jenis – Jenis Water Heater

Sebelum membahas masalah pada Water Heater, ada baiknya kita kenali dulu berbagai jenisnya. Beda jenis Water Heater pasti beda permasalahan dan cara service Water Heaternya.

Water Heater sendiri tersedia dalam berbagai jenis di pasaran. Berdasarkan sumber tenaganya, pemanas air ada beberapa jenis.

  1. Gas Water Heater, Water Heater bertenaga gas elpiji (BBG).
  2. Electric Water Heater, yang sangat familiar karena memanfaatkan listrik PLN untuk mengoperasikannya.
  3. Solar Water Heater, pemanas air ini memanfaatkan sinar matahari untuk membangkitkan listriknya.
  4. Aircon Water Heater, pemanas air yang cukup unik karena memanfaatkan energi panas pada unit outdoor AC untuk memanaskan tangki airnya.
  5. Heat Pump Water Heater, pemanas ini memanfaatkan refrigerant yang dipanaskan menggunakan tekanan kompresor.
  6. Boiler Water Heater, alat untuk memanaskan air yang memanfaatkan solar untuk menghidupkan mesinnya dan memanaskan air hingga titik didih. Jenis pemanas ini jarang beredar di masyarakat umum karena memang kapasitasnya besar dan ditujukan untuk pabrik, perusahaan, hotel ataupun rumah sakit.
  7. Solar Rubber Pool Heating, Seperti namanya, pemanas ini digunakan untuk menghangatkan air di kolam renang dengan panas matahri sebagai sumber energi. Bedanya dengan solar Water Heater hanya pada penangkap panas yang memanfaatkan panel karet tahan chlor. Pemanas ini tidak menggunakan tangki tapi langsung kolam renang sebagai tempat sirkulasinya.

Karena terlalu sibuk, kita hanya menggunakannya saja tanpa melakukan perawatan secara rutin, bahkan kita tak sadar sewaktu Water Heater telah menunjukkan tanda-tanda adanya kerusakan sehingga tak segera melakukan perbaikan.

Alhasil, kerusakan pada alat tersebut kian parah dan bahkan tak bisa diperbaiki. Padahal apabila kita menanganinya segera dengan cara service Water Heater yang tepat sewaktu adanya tanda kerusakan, maka alat ini pun akan lebih mudah diperbaiki.

Cara Service Water Heater Berdasarkan Masalahnya

Seperti diungkap sebelumnya, beda jenis Water Heater, beda pula permasalahannya.

Beberapa kerusakan ataupun masalah yang terjadi biasanya seperti berikut ini.

Permasalahan dan Cara Service Gas Water Heater

Tidak bekerja sama sekali. Tindakan yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengecek baterainya. Apakah masih normal ataukah harus diganti.

Mungkin juga posisinya kurang tepat. Cek juga gas elpiji apakah masih atau memang harus ganti dengan yang baru.

Cek juga bagian tekanan air pada inlet apakah cukup kuat.

Cara Service Water Heater

Permasalahan dan Cara Service Electric Water Heater

Pemanas air tenaga listrik ini punya beragam masalah. Di antaranya ialah

  • Air tidak panas setelah pemasangan. Coba cek apakah apakah cara pasang Water Heater sudah benar, MCB sudah tersambung, pengaturan thermostat sudahkah tepat, dan apakah electric heater-nya normal?
  • Sambungan sudah betul, tapi air tidak panas. Kemungkinan paling umum adalah adanya kebocoran pipa. Bisa juga thermostat-nya rusak, atau jumlah air yang melebihi kapasitas.
  • Air hanya sedikit yang keluar, atau justru macet. Kemungkinannya adalah tidak berfungsinya non-return valve, pipa tersumbat kotoran, ataupun tekanan air terlalu rendah.

Cara Service Water Heater

Permasalahan dan Cara Memperbaiki Solar Water Heater

Kemungkinan masalah bisa sama dengan umumnya electric Water Heater.

Namun karena memanfaatkan solar panel surya, ada juga risiko kerusakan atau gangguan pada panelnya.

Permasalahan dan Cara Service Aircon Water Heater

Permasalahan yang sering terjadi tak jauh beda. Hanya saja karena pemanas air ini punya hubungan dengan AC, maka kendala-kendala yang berkaitan dengan AC bisa mempengaruhi kinerjanya.

Sebagai pemanas air yang memanfaatkan refrigrant AC, pemanas air ini tergolong paling hemat dan tanpa biaya tambahan.

Permasalahan dan Cara Service Heat Pump Water Heater

Pun memiliki permasalahan. Di antaranya adalah heat pump tidak hidup.

Sumber masalahnya bisa karena tidak ada listrik, sekering putus, kabel yang longgar, atau karena kompresor yang rusak.

Masalah lain misalnya kipas dan kumparan tidak bekerja sempurna. Sumber masalahnya bisa karena aliran udara kurang tepat, atau pengaturan parameter defrost-nya kurang pas.

Bila kondisioner bekerja tapi panasnya kurang, sumber masalah bisa dari kondensor yang kotor, sirkulasi udara kurang lancar, atau kekurangan refrigerant.

Anda bisa melakukan cara service Water Heater dengan cara membersihkan kondensor.

Cara Service Water Heater