Harga Service Kompresor AC Mobil Dan Cara Mengetahui Kerusakannya

Info Terbaru Harga Service Kompresor AC Mobil. Kompresor menjadi jantung utama dari instalasi pendingin udara (Air Conditioner/AC) di mobil.

Fungsinya sebagai sebuah mesin yang memiliki kerja mekanis juga memerlukan perawatan berkala, salah satunya dengan menjaga kualitas pelumas.

Seperti yang pernah dibahas sebelumnya, akibat kurang edukasi dan sosialisasi terhadap perawatan AC mobil, maka banyak yang tidak mengerti bahwa pada instalasi AC juga ada sistem pelumasan.

Efeknya saat AC bermasalah, seperti mulai tidak dingin atau timbul suara bising saat menghidupkan blower banyak yang langsung menuduh bahwa kompresor sudah rusak dan harus ganti.

Ketika AC mobil mengalami masalah sebaiknya melakukan cek terlebih dahulu. Komponen apa yang terjadi kerusakan.

Terlebih harga service kompresor AC mobil tidak bisa dibilang murah.

Berapa Harga Service Kompresor AC Mobil?

No.Jasa ServiceHarga
1PengecekanRp. 200.000,-
2Tambal Freon BocorRp. 400.000,-
3Isi FreonRp. 300.000,-
4Flushing Oli KompresorRp. 700.000,-
5Ganti KompresorRp. 2.000.000,-
6Magnetic ClutchRp. 380.000,-
7Kuras KondensorRp. 175.000,-
8Receiver DryerRp. 100.000,-
9Expansion ValveRp. 200.000,-
10FanbeltRp. 50.000,-
11Ganti EvaporatorRp. 1.300.000,-
12Selang ACRp. 350.000,-
13Penggantian Komponen*Rp. 300.000,- – Rp. 2.000.000,-
*Harga penggantian komponen bergantung jenis dan kualitas spare part

Harga service kompresor mobil diatas, bisa saja berbeda tiap penyedia jasa .

Karena perlu Anda tahu bahwa sebelum menentukan tarif service kompresor AC mobil, sorang tekhnisi akan melakukan pengecekan terlebih dahulu, terutama pada kondisi kerusakan kompresor.

Karena hal ini menjadi penentu besaran tarih service kompresor. Dan beberapa jenis kerusakan kompresor yang bisa mereka tangani dengan tarif harga yang berbeda adalah:

1. Kurang Oli

Kompresor yang kurang oli bisa menyebabkan komponen kompresor aus.

Sama seperti mesin mobil, kompresor AC mobil juga membutuhkan oli untuk menggerakkan komponen di dalamnya.

Jika oli pada kompresor tersebut berkurang, maka akan membuat kompresor macet dan komponen-komponen di dalamnya aus. Cirinya adalah suara AC lebih kasar dari biasanya.

Harga Service Kompresor AC Mobil

2. Magnetic Clutch

Perhatikan saat putaran magnetic clutch tidak lagi stabil.

Kerusakan kompresor AC mobil bisa juga karena magnetic clutch sudah tidak bekerja. Tandanya bisa dilihat pada putaran center piece dan puli sudah tidak lagi optimal.

Hal ini akan membuat kompresor macet dan tidak bisa bekerja menghasilkan hawa dingin ke kabin mobil.

3. Sensor Selenoid

Jika kompresor AC mobil mengalami gejala kadang mengeluarkan hawa dingin kadang panas, maka bisa jadi itu karena sensor selenoid sudah harus diganti.

Kondisi ini biasanya menimpa pada kompresor dengan sistem sensor yang digunakan untuk mobil-mobil Eropa.

Harga Service Kompresor AC Mobil

4. Jebol

Jika kompresor jebol maka sudah tidak bisa diperbaiki.

Ini merupakan kerusakan kompresor AC mobil paling parah. Biasanya karena memang usia pakai kompresor itu sendiri sudah habis.

Atau akibat kebiasaan buruk pengemudi saat menyalakan atau mematikan AC mobil. Untuk mengatasinya, Anda harus mengganti dengan kompresor yang baru.

Harga service kompresor AC mobil ini bisa Anda minimalisir dengan mengetahui gejala kompresor mobil.

Jadi bisa sejak dini ditangani dan tidak menunggu kerusakan parah.

Untuk info gejala awal kompresor mobil bermasalah bisa, Anda perhatikan pada review berikut.

Gejala Awal Kompresor Mobil Bermasalah

Berikut ini adalah beberapa ciri ciri awal yang harus kita waspadai agar kompresor AC mobil kita bisa segera mendapatkan penanganan.

Dan tidak merembet ke masalah lain yang bisa membuat kita mengeluarkan biaya ekstra untuk harga service kompresor mobil yang tidak murah, yaitu:

  • Terdengar suara agak kasar ketika tombol AC diubah keposisi 1-2-3 yang menandakan AC mulai bekerja. Kompresor yang bermasalah akan mengeluarkan suara seperti gesekan. Tetapi jika tombol di set kembali ke off maka suaranya akan hilang.
  • Tekanan pada kompresor berkurang. Pada awalnya hembusan udara dari AC akan terasa kurang dingin ketika rpm mesin dalam keadaan rendah. Tetapi ketika mobil mulai jalan pada kecepatan tertentu, hembusan udara akan mulai terasa dingin.
  • Ada kebocoran. Semakin besar kebocorannya, freon akan semakin cepat habis dan semakin cepat AC terasa dingin. Rata rata kebocoran pada kompresor AC mobil berlangsung sekitar 6 minggu hingga freon habis total. Tapi baiknya jika sudah ada kebocoran freon segera bawa ke bengkel, sebab efek menghirup gas freon pada AC mobil yang bocor tidak baik untuk tubuh.
  • Masalah pada magnetic clutch atau kopling magnet. Kasus yang banyak terjadi adalah jika mobil sedang beradaa dijalan yang macet atau sedang berjalan merayap. Udara di dalam kabin yang tadinya dingin, tiba tiba tidak dingin sama sekali. Tetapi setelah dimatikan beberapa saat dan dihidupkan kembali AC dapat bekerja dengan normal kembali.

Jika kita menemukan indikasi seperti diatas, baiknya segera menghubungi bengkel yang  terpercaya terutama bengkel yang khusus memperbaiki masalah AC mobil.

Karena apabila ditunda-tunda dan biarkan dengan alasan akan kembali kesemula dengan sendirinya masalah akan tambah merembet kekomponen lain. Dan ujung ujungnya akan terjadi kerusakan yang lebih besar.

Apalagi kompresor sama sekali bukan jenis sparepart yang harganya murah.