Jasa Service Freezer Panggilan Profesional

Alamat Jasa Service Freezer Terdekat. Dewasa ini, freezer sudah menjadi kebutuhan bagi sebagian orang.

Freezer sendiri memiliki fungsi yaitu untuk membekukan segala jenis bahan makanan, agar bisa tetap awet. Biasanya, freezer ini satu paket dengan kulkas.

Namun, dengan perkembangan zaman, kini sudah ada freezer dalam bentuk box. Yang mana freezer ini semakin mudah untuk dipindah-pindah.

Namun, ketika freezer box ini tidak lagi dingin, apa yang harus dilakukan?. Cara yang paling praktis memang mendatangi jasa service freezer, tapi ada baiknya Anda juga tahu penyebab dan cara mengatasi masalah pada freezer.

Masalah Yang Sering Ditangani Jasa Service Freezer

Tentu, ada banyak hal yang dapat menyebabkan sebuah lemari es atau freezer tidak beku atau tidak dingin, diantaranya adalah:

1. Coil Kondensor Yang Kotor

Coil kondensor sebuah freezer biasanya terletak di tempat yang berbeda-beda.

Ada yang coil-nya berada di dalam dinding freezer, dan ada juga yang diletakkan di bagian belakang atau di bagian bawah.

Untuk freezer yang coil kondensor-nya berada di bagian dalam, coil tersebut cukup terlindungi sehingga tidak mudah kotor dan tidak perlu dibersihkan.

Sebaliknya, sebuah lemari es yang coil (kumparan-nya) berada ada di bagian bawah atau belakang, sehingga mudah diakses karena berada di tempat yang terbuka, maka coil tersebut perlu dibersihkan secara rutin setiap 6-12 bulan sekali.

Menjaga kumparan tetap bersih sangat penting. Karena apabila tidak, maka kondensor tersebut tidak akan bisa menyerap panas secara efektif.

Akibatnya, kemampuan freezer dalam membekukan makanan jadi berkurang.

Jasa Service Freezer

2. Motor Kipas Evaporator Bermasalah

Fungsi motor kipas evaporator adalah untuk mengalirkan udara yang ada di atas kumparan evaporator agar bisa diedarkan ke seluruh bagian freezer.

Jika motor kipas evaporator tidak berfungsi maka freezer tidak akan bisa membekukan apapun.

Hampir semua lemari es kipas evaporator-nya akan berhenti apabila pintunya dibuka.

Untuk memeriksa motor kipas evaporator, kita perlu membuka pintu freezer kemudian aktifkan saklar pintu secara manual.

Apabila saklar sudah diaktifkan tapi motor kipas evaporator tidak juga bekerja, maka kipas tersebut perlu diganti dengan yang baru.

Kipas evaporator bisa dengan mudah Anda temukan, salah satunya adalah dengan membeli di toko online.

Jasa Service Freezer

3. Start Relay Tidak Bekerja

Start relay berfungsi untuk memasok daya ke kompresor. Jika komponen ini tidak berfungsi, maka bisa dipastikan kompresor tidak akan bekerja.

Apabila kompresor tidak bekerja, tentu saja freezer akan kehilangan kemampuannya.

Untuk memastikan apakah start relay berfungsi atau rusak, Anda bisa mengeceknya dengan cara:

  • Cabut terlebih dahulu colokan listrik agar tidak ada ada arus yang mengalir
  • Lepaskan start relay dari kompresor
  • Gunakan multimeter untuk menguji starter relay apakah masih berfungsi dengan baik atau tidak

Jika start relay tersebut berbau seperti bau gosong atau terbakar, jangan ragu-ragu untuk menggantinya. Anda bisa menghubungi jasa service freezer terdekat.

4. Jasa Service Freezer Mengatasi Coil Evaporator Tertutup

Penyebab coil evaporator tertutup, salah satunya adalah akibat masalah pada sistem defrost.

Setiap hari, sistem pemanas (defrost) akan menyala beberapa kali dalam sehari untuk mencairkan es yang mungkin menumpuk di coil evaporator.

Sayangnya, adakalanya sistem defrost tidak bekerja sehingga, es akan terus menumpuk di coil evaporator. Dampaknya, freezer tidak beku atau dingin maksimal.

Untuk memastikan apakah sistem defrost berfungsi atau tidak, Anda bisa menggunakan multimeter untuk menguji kontinuitas sistem defrost tersebut.

5. Kipas Kondensor Tidak Berfungsi

Fungsi kipas kondensor adalah untuk menarik udara melalui kondensor. Jika motor kipas bermasalah atau jika kipas tersebut tidak berfungsi, maka udara tidak bisa ditarik melalui kondensor. Akibatnya, freezer tidak bisa dingin.

Selain itu, Anda juga perlu memeriksa motor kipas di tempat jasa service kulkas. Pasalnya, bantalan motor kipas bisa mengalami aus sehingga perlu diganti.

6. Thermostat Pengontrol Suhu Tidak Bekerja

Thermostat pengontrol suhu akan mempengaruhi kompresor, motor kipas evaporator, dan juga kipas kondensor.

Jika thermostat tidak bekerja atau tidak berfungsi dengan baik, maka sistem pendingin akan bermasalah.

Untuk mengetahui apakah thermostat pengontrol suhu tersebut berfungsi atau tidak, Anda bisa mengaturnya dari pengaturan rendah ke tinggi hingga terdengar bunyi “klik.”

Jika bunyi “klik” tidak terdengar, maka kemungkinan besar thermostat dalam keadaan rusak.

Jasa Service Freezer

7. Jasa Service Freezer Mengatasi Kompresor Tidak Berfungsi

Fungsi kompresor adalah untuk mengompres refrigerant dan sirkulasi refrigerant melalui evaporator dan kondensor. Jika kompresor tidak berfungsi, lemari es akan sulit dingin.

Untuk memeriksa kondisi compressor, Anda bisa mengandalkan multimeter untuk menguji kontinuitas antara pin listrik di sisi kompresor.

Itulah beberapa penyebab mengapa freezer tidak beku atau dingin. Selain beberapa penyebab di atas, masih ada beberapa penyebab lain yang yang perlu Anda waspadai.

Jangan ragu untuk mendatangi jasa service freezer jika memang masalah berkaitan dengan komponen freezer itu sendiri.