Jenis Baja Ringan Untuk Kanopi Dan Karakteristiknya

Cara Memilih Jenis Baja Ringan Untuk Kanopi. Pemasangan kanopi pada rumah, memiliki banyak manfaat baik dari segi estetika rumah atau manfaatnya yang bisa menjadi tempat kendaraan.

Tapi sebelum melakukan pemasangan kanopi ada baiknya Anda memilih jenis bahan yang digunakan. Sesuaikan dengan kebutuhan dan jumah dana yang Anda miliki.

Salah satu bahan kontruksi yang sering dipakai dalam pembuatan kanopi adalah baja ringan.

Jika Anda memilih untuk menggunakan material ini, maka pahami juga konstruksi dari baja ringan itu sendiri, bentuk profil baja ringan dan juga jenis ukuran dari baja ringan yang akan digunakan tersebut.

Dan di artikel ini akan kami bahas jenis baja ringan untuk kanopi, sebagai bahan pertimbangan

Penggunaan Baja Ringan Untuk Kanopi

Material baja ringan dipilih untuk bahan pembuatan kanopi karena harganya yang tak terlalu mahal tetapi dengan kualitas unggul.

Ini cocok sekali bagi Anda yang ingin memasang kanopi dengan low budget, dari segi penyedia kanopi pun sudah banyak yang menawarkan kanopi baja ringan dengan berbagai ukuran dan model.

Baik dikota kota besar atau kecil sudah banyak jasa pemasanganan kanopi yang menawarkan bahan baja ringan seperti: kanopi baja ringan murah Bogor, kanopi baja ringan murah Depok, atau juga kanopi baja ringan Jakarta, dan lain-lain.

Salah satu bahan baja ringan yang kerap ditawarkan dan digunakan untuk kanopi adalah baja ringan berbentuk “Canal” atau “C” dan “Omega”.

Jenis baja ringan ini mudah dibentuk dan cenderung tahan lama sehingga pas dibuat kanopi.

Bukan hanya bentuk, pemilihan baja ringan yang tepat juga dikaitkan dengan ketebalannya.

Ketebalan ini yang nantinya bisa menentukan kekuatan dan daya tahan kanopi tersebut.

Jenis Baja Ringan Untuk Kanopi Berdasarkan Ukuran

Ketebalan baja ringan yang biasa digunakan untuk pemasangan kanopi adalah baja ringan yang memiliki ketebalan 0,75 mm hingga 1,00 mm pada batang utama kuda-kuda konstruksi.

Sedangkan pada batten/reng ketebalan yang digunakan mulai 0,40 hingga 0,60 mm. Anda bisa mendapatkan baja ringan dengan berbagai ketebalan di berbagai toko bahan kontruksi terdekat.

Dan berikut beberapa jenis baja ringan untuk kanopi yang biasa digunakan dengan ketebalan yang berbeda:

1. Trus/Kaso Metal Baja Ringan

Kaso berbahan plat baja gaya tarik tinggi (G550)/baja ringan yang dilapisi dengan seng dan alumunium atau sering disebut (Zincalume/Galvalume) namun ada juga yang berbahan Galvanis.

Tinggi profil C ini 75 cm panjang dengan 6 m dengan ketebalan bervariasi. Mulai dari 0,60 mm, 0,65 mm, 0,70 mm, 0,75 mm sampai dengan 1 mm.

Digunakan sebagai rangka atap baja ringan atau kuda-kuda utama baja ringan.

2. Reng Baja Ringan

Reng baja ringan berbentuk trapesium, digunakan sebagai peletakan atap.

Umumnya ketebalan reng 0,45 mm dengan tinggi mulai dari 28 mm sampai dengan 40 mm, semakin tinggi profil reng maka semakin kuat.

Jika Anda menggunakan genteng beton atau keramik disarankan menggunakan reng minimum tinggi 30 mm.

3. Jenis Baja Ringan Untuk Kanopi Merk Taso

Baja ringan dengan merk taso memiliki ketebalan 0,75 mm dan 1 mm dengan tinggi 7,5 cm dan lebar kaki 3,5 cm dan panjang 6 meter perbatang.

Aksesoris meliputi :

  • Bracket L, profil tebal 1,5 mm
  • Dynabolt, diameter 12 mm, panjang 100 mm
  • Baut, type Self Drilling Screw. (Ukuran : 12-14×20 Bright Zinc (untuk truss) 10-16x Bright Zinc (untuk reng )

Jika Anda bingung untuk memilih jenis baja ringan untuk kanopi, coba konsultasikan pada penyedia jasa pemasangan kanopi.

Utarakan tema kanopi yang Anda inginkan termasuk budget yang Anda miliki, maka penyedia jasa akan merekomendasikan jenis kanopi sesuai keinginan Anda.

Jenis Baja Ringan Untuk Kanopi