Membuat Taman Minimalis Sendiri Dirumah

Cara Membuat Taman Minimalis Di Lahan Sempit. Membuat taman minimalis, bisa menjadi pilihan Anda yang ingin membuat halaman rumah yang tak terlalu luas terasa rindang dan enak dipandang.

Pembuatan taman minimalis ini selain mudah juga tak memerlukan biaya yang tinggi.

Tapi dalam pembuatannya ada banyak faktor yang harus Anda perhatikan mulai dari penyesuaian desain rumah, pemilihan tanaman dan tata letaknya.

Lalu, bagaimana cara membuat taman minimalis di lahan terbatas? . Simak pada review berikut.

5 Langkah Membuat Taman Minimalis

Jika Anda berminat untuk membuat taman minimalis, maka ikutilah beberapa langkah dibawah ini:

1. Mengukur dan Menentukan Lahan

Ini nantinya akan berpengaruh pada konsep atau tema taman dan jenis tanaman harus ditampilkan.

Tak ada aturan khusus di mana letak lokasi untuk membuat taman. Namun area yang paling baik untuk mempercantik rumah minimalis dengan taman adalah di teras bagian depan rumah.

Anda bisa memanfaatkan area sudut terdepan halaman rumah.

2. Menentukan Tema Taman

Pada tahap ini selera Anda sangat dibutuhkan. Namun jika kesulitan menentukan tema untuk taman di rumah Anda, sebaiknya sesuaikan dengan tema keseluruhan rumah Anda. Bisa saja Anda menggunakan tema taman tropis, atau taman bertema Bali.

Dalam ilmu mendesain taman minimalis, dikenal konsep taman formal dan informal. Kedua konsep tersebut memiliki perbedaan dalam menampilkan karakter sebuah taman. Terutama dalam hal pemilihan media serta jenis tanaman.

Untuk taman minimalis formal, desain lebih menonjolkan aturan simetris yang terkesan kaku.

Jenis tanaman yang dipasang biasanya seperti palem kipas dengan menggunakan media pot keramik yang besar.

Sementara untuk desain informal biasanya tidak bertema dan lebih mengedepankan sisi alami serta fungsi taman itu sendiri.

3. Membuat Taman Minimalis Dari Berbagai Jenis Tanaman

Untuk taman di lahan kecil hindari terlalu banyak menaruh berbagai jenis tanaman sebab malah akan membuat rumah terlihat sumpek.

Jangan lupa untuk memperhatikan penyeragaman warna bunga atau daun. Warna hijau lebih banyak menguatkan kesan asri.

Sedangkan taman dengan aneka bunga berwarna-warni bisa menghadirkan kesan keceriaan dan semangat.

Membuat Taman Minimalis

4. Jangan Lupa Drainase

Area taman akan lebih banyak terkena siraman air karena itu penting untuk membangun saluran drainase yang baik agar rumah antik  Anda tak terlalu sering basah dan becek.

Buat lubang drainase lebih rendah dari permukaan taman untuk memudahkan penyerapan dan jatuhnya air.

5.  Perhatikan Sinar Matahari

Kehadiran sinar matahari menjadi elemen penting taman minimalis karena dibutuhkan untuk menjaga tanaman tetap hidup.

Namun, ada beberapa tanaman yang tidak boleh terlalu banyak terekspos sinar. Karena itu dalam penataan taman memperhatikan arah kedatangan sinar matahari sangat penting.

Desain Taman Minimalis

Mendesain taman di rumah minimalis menjadi tantangan sendiri.

Sebab, Anda dituntut untuk memiliki kreativitas tinggi dalam menciptakan taman minimalis dengan lahan terbatas agar bisa menampilkan halaman rumah yang cantik.

Anda harus memadukan imajinasi, kreativitas, serta selera yang Anda miliki. Yuk, langsung simak inspirasinya berikut ini!

1. Teras juga bisa disulap jadi taman depan rumah

Tak hanya memanfaatkan area terbuka untuk membuat taman, bagain teras yang sudah beratap pun bisa disulap sebagai sebuah taman minimalis.

Tanpa harus membongkar teras agar dapat ditanami bunga – bunga dan tanaman hias lain, Anda cukup meletakkan tanaman dalam pot dengan susunan yang rapi.

Agar penampilan teras terlihat cantik, pilihlah bunga dengan kelopak besar dan warna yang senada dengan eksterior rumah. Saat malam tiba dan lampu teras dinyalakan, bunga – bunga pun tetap terlihat indah.

Membuat Taman Minimalis

2. Membuat Taman Minimalis Living Wall

Bagi Anda yang memiliki area terbatas tapi ingin membuat taman minimalis, maka Living Wall ini bisa menjadi solusi yang tepat.

Manfaatkan dinding kosong sebagai taman depan rumah seperti ini. Pertama-tama kamu harus menyediakan kayu atau besi penyangga. Kemudian, sediakan pot – pot kecil berisi tanaman hijau.

Setelah pot – pot tersebut siap, gantungkanlah pada kayu atau besi penyangga yang sudah disediakan sebelumnya.

Saat tanaman tersebut tumbuh, maka rongga-rongga penyangganya akan tertutupi dan terciptalah taman pada dinding.

Agar living wall ini terlihat lebat dan asri, pilihlah tanaman hijau yang daunnya tumbuh memanjang.

3. Pot Gantung Sebagai Taman Depan Rumah

Tidak punya lahan untuk meletakkan pot tanaman kesayanganmu? Gantungkan saja pot – pot tersebut di area depan rumah, sehingga terciptalah taman depan rumah yang sederhana.

Pilihlah pot berukuran kecil dan rantai besi sebagai penggantungnya supaya pot – pot tersebut tidak mudah jatuh dan melukai penghuni rumah.

Jika kamu memiliki anak kecil yang aktif bermain di luar ruangan, pastikan pot – pot ini digantung jauh dari jangkauan mereka.

Tanaman yang cocok untuk menghiasi pot gantung ini adalah aneka bunga dan tanaman herbal.

Membuat Taman Minimalis

4. Membuat Taman Minimalis Bird Bath

Bird bath sebagai penghias taman depan rumah tampaknya masih asing bagi masyarakat Indonesia.

Bird bath ini adalah sebuah tempat di mana burung – burung liar bisa mandi. Ukurannya tidak besar dan kamu bisa menghiasi pinggiran bird bath dengan tanaman mungil seperti kaktus mini.

Taman depan rumah akan terlihat indah. Ditambah lagi dengan kehadiran burung yang menumpang mandi sambil berkicau, pasti akan bertambah asri deh taman ini.

Tinggalkan komentar