Pasang Kanopi Kaca? Ini Kelebihan Dan Kekurangannya

Cara Pasang Kanopi Kaca Tempered. Ada rumah yang berada pada iklim tropis seperti di Indonesia, atap yang dominan memang atap pelana dan perisai yang memiliki teritisan untuk melindungi.

Ketika pemilik rumah ingin mencari model yang lebih simpel dan modern, bentuk atap konvensional lalu dimodifikasi.

Pemasangan atap kaca pada Canopy rumah minimalis bisa menjadi ide yang sangat baik untuk menambah cantik tampilan rumah, dan menjadikan rumah idaman Anda menjadi lebih bergaya.

Selain itu berdasarkan fungsinya, atap kaca pada kanopi rumah minimalis ini bisa digunakan sebagai peneduh bagian depan rumah Anda.

Pemasangan kanopi kaca tempered bisa menjadi pelengkap penampilan bagian depan rumah yang juga berperan sebagai pelindung bagian di bawahnya dari hujan dan sengatan cahaya matahari.

Karena letaknya terdapat pada bagian depan rumah dan langsung dapat dilihat orang, keindahannya perlu diperhatikan.

Maka sebelum pasang kanopi kaca Anda perlu mempertimbankan bentuk, warna, dan bahan kanopi agar bagian depan rumah secara keseluruhan terlihat menarik dan rapi.

Pasang Kanopi Kaca

Kenapa Memilih Kanopi Kaca?

Faktanya kanopi dari kaca saat ini makin diminati karena selain fungsi utamanya yang mampu melindungi benda dibawahnya dari hujan dan matahari.

Dengan pemasangan yang tepat, penampakan kanopi kaca ini secara ajaib mampu membuat rumah nampak lebih stylish ditambah kesan clean look yang diperlihatkan transparansi kanopi kaca.

Jadi saat Anda bersantai diteras dengan cuaca yang bersahabat, kesegaran suasana ruang terbuka akan sangat terasa tanpa harus berpanas panasan karena sudah terlindungi oleh kanopi kaca ini.

Dengan kata lain pemasangan kanopi kaca ini akan memberikan pencahayaan alami.

Pencahayaan alami merupakan aspek yang menentukan kualitas hunian yang baik. Sebab hunian baru dikatakan berkualitas jika dialiri pencahayaan alami yang cukup.

Bagi Anda yang ingin pasang kanopi kaca, maka sebaiknya simak ulasan kenopi kaca berikut ini.

Pasang Kanopi Kaca

Kelebihan Dan Kekurangan Kanopi Kaca

Apakah Anda sudah mengetahui fungsi dan jenis dari kanopi kaca?.

Tak jauh berbeda dengan jenis kanopi lain yang memiliki kelebihan dan kekurangan kanopi kaca juga memilikinya.

Material kaca yang dipakai untuk kanopi jenis ini memiliki sifat fiber glass yang terbuat dari polycarbonate dan menjadikannya lebih unggul dari bahan lain.

Tapi karena bahan yang digunakan adalah kaca dengan ketebalan khusus, menjadikan pembuatan kanopi kaca memerlukan biaya yang lebih tinggi.

Dengan ketebalan yang sudah disesuaikan untuk kanopi, kanopi dari kaca memiliki daya tahan yang lebih tinggi dan tidak mudah pecah.

Saat Anda membeli kaca untuk kanopi, pastikan Anda tahu ketebalan kaca yang dipilih, karena tanpa ketebalan kaca yang pas kanopi akan mudah rusak.

Selain itu pasang kanopi kaca harus tepat dan dilakukan ahlinya, sebab jika salah bisa saja kaca akan pecah saat pemasangan.

Satu lagi keunggulan dari atap kanopi berbahan kaca ini adalah mudah dibersihkan. Cukup dengan membersihakan menggunakan pembersih kaca biasa.

Perlu Anda tahu tak semua penopang kanopi mampu menopang atap kaca ini. Karena berat kaca yang cenderung besar, jadi membutuhkan penopang yang kuat seperti dari besi ataupun baja.

Dan karena dalam pemasangan dibutuhkan ketelitian dan kehati hatian maka kami sarankan untuk menyerahkan pada jasa pemasangan kanopi yang profesional.

Tips Pasang Kanopi Kaca

Banyak pilihan kanopi kaca tranparan yang modern. Anda dapat menggunakan model datar dari bahan kaca tempered atau laminated.

Pertimbangannya, sinar matahari yang menembus kaca bisa menerangi ruang di bawahnya.

Untuk pasang kanopi kaca yang baik, berikut 5 tips yang dapat Anda jadikan referensi dalam pembangunannya:

  1. Tentukan desain kanopi yang Anda inginkan. Sebaiknya, desain tersebut sesuai dengan konsep utama rumah dan dana yang Anda miliki. Kemudian, gunakan jenis kaca tempered, setebal 10mm. Pilihan lain, kaca tempered laminated, dengan ketebalan masing–masing sisi 5mm.
  2. Ukur lebar dan tinggi jendela atau pintu yang Anda hendak pasang kanopi. Dari hitungan itu, Anda dapat membuat ukuran kanopi yang pas. Sebaiknya lebihkan ukuran lebar dan panjang, minimal 10cm. Misalnya, jika lebar jendela 40cm maka ukuran lebar kanopinya 60cm.
  3. Pasang rangka kanopi pada dinding bagian atas jendela. Gunakan bahan rangka yang kuat dan tak mudah berkarat. Misalnya, bahan besi hollow yang di-coating antikarat dan dicat.Begitu pula jika bahannya kayu lakukan coating
  4. Pastikan pengikat rangka menggunakan sekrup atau dinabolt yang kuat. Kalau memang perlu, pasang dinabolt secara rangkap agar kokoh dan tak mudah lepas.
  5. Anda juga perlu memastikan pemasangan kaca dengan benar. Misalnya, beri lubang pada kaca sebelum dipasang sekrup ke rangka. Agar tidak mudah bocor, bekas lubang diberi klep atau sealant. Fungsi sealant juga untuk membuat kaca tidak mudah bergeser.