Pemasangan Lantai Vinyl Yang Benar Dan Perawatannya

Cara Pemasangan Lantai Vinyl. Lantai Kayu Vinyl menjadi pilihan jenis lantai yang banyak dilirik saat ini. Lantai vinyl mampu memberikan kesan natural pada suatu ruangan.

Selain itu permukaannya yang lebih lembut dan harganya yang lebih terjangkau dari lantai kayu membuatnya menjadi idola dalam kontruksi.

Pemasangan lantai Vinylpun tak terlalu rumit. Jadi bagi Anda yang berminat memiliki lantai dari bahan vimyl ini bisa membeli lantai jadi pada toko bangunan dan memasangnya sendiri

Perlu Anda tahu ada 2 metode pemasangan lantai Vinyl. Jika Anda berminat untuk mempelajari cara pemasangan lantai Vinyl bisa simak review berikut ini.

Cara Pemasangan Lantai Kayu Vinyl

Cara memasang lantai kayu yang satu ini juga terdiri dari beberapa cara, antara lain sebagai berikut :

1. Metode Glue Down

Menggunakan lem sikabond atau lem kuning untuk dapat menempelkan lantai kayu vinyl yang ingin Anda pasang ke permukaan lantai yang sebelumnya sudah anda ratakan permukaanya.

2. Metode Lock System (Click)

Nah, cara kedua adalah dengan menggunakan metode click, dimana proses pengerjaannya sebagai berikut :

Dalam proses pemasangan lantai vinyl kayu ini, Anda hanya memerlukan pemakaian foam.

Hal ini sangat terlihat perbedaan yang signifikan antara tipe pemasangan ini dengan metode glue down yang memang tidak menggunakan penambahan cairan primer.

Hanya di klik seperti memasang puzzle.

Cara Pemasangan Lantai Vinyl Metode Glue Down

Inilah panduan sederhana kalau Anda berniat  memasang sendiri pelapis lantai vinyl untuk mengubah tampilan interior rumah Anda, berikut;

  • Langkah pertama adalah mempersiapkan lantai untuk dipasang vinyl. Anda harus mengukur luas lantai untuk mendapatkan kebutuhan bahan vinyl dengan jumlah yang benar. Belilah sedikit lebih banyak sebagai cadangan bila terjadi kesalahan pada pemasangan.
  • Sebelum memulai memasang pelapis lantai pindahkan dulu barang-barang pada ruangan. Untuk furniture yang menempel permanen pada dinding tentu tidak perlu dibongkar karena pemasangan pelapis lantai bisa di sekeliling furniture tersebut.
  • Vinyl harus dipastikan dipasang pada lantai yang rata, bebas lubang, gelombang, dan sebagainya. Untuk itu Anda sebaiknya mengaplikasikan lapisan dasar, contohnya kayu lapis dengan ketebalan ¼ inch. Dengan permukaan yang halus dan rata pelapis vinyl akan dapat menempel secara
  • Bila Anda memilih vinyl tile yang bentuknya seperti keramik dengan ukuran 30cm X 30cm dan bermotif, pastikan tak ada kesalahan penyusunan agar bentuknya tetap simetris. Sebaiknya penyusunan vinyl dimulai dari bagian tengah ruangan dan sedikit demi sedikit mengarah ke luar hingga selesai. Tetapi untuk pelapis berbentuk lembaran Anda harus menyesuaikan dengan luas ruangan agar terlihat rapi.

  • Bila lantai yang hendak dipasang vinyl sudah dipastikan rata dan halus, sekarang saatnya mengaplikasikan lem. Anda bisa menggunakan kuas cat dan memulainya dari sudut ruangan. Sebelum merekatkan vinyl sebaiknya tunggu beberapa menit untuk menghindari penguapan zat perekat yang akan menimbulkan gelembung, sehingga tampilan vinyl jadi kurang halus. Jangan lupa menyiapkan lap basah untuk menghapus noda atau lem yang mengenai lantai vinyl bagian atas.
  • Cara pasang lantai vinyl tile setelah mengaplikasi lem adalah meletakkannya secara berurutan satu demi satu. Pastikan Anda meletakkan kepingan vinyl tile pada posisi yang tepat agar tak perlu digeser atau ditarik lagi. Akibatnya lem bisa turut tertarik.
  • Lantai vinyl harus ditekan kuat-kuat setelah diaplikasikan pada lantai yang sudah diberi lem. Gunakan rolling pin bila perlu agar vinyl benar-benar merekat kuat pada lapisan dasar lantai. Lakukan terus-menerus hingga selesai.
  • Bila seluruh pekerjaan Anda sudah selesai, maka diamkan dulu selama beberapa jam agar lem benar-benar mengering.

Kelebihan Lantai Vinyl

Bagi Anda yang masih ragu untuk menggunakan vinyl flooring, perlu diketahui bahwa bahan ini mempunyai berbagai keunggulan lain selain harganya yang ekonomis, yaitu:

Mudah diaplikasikan sebagaimana pada panduan di atas.

Tak membutuhkan perawatan khusus yang rumit. Anda hanya perlu menyapu dan mengepel secara teratur sebagaimana pada keramik lantai biasa.

Corak dan warna pelapis lantai sintentis ini sangat mirip dengan material penutup lantai konvensional, sehingga hampir tak dapat dibedakan saat sudah diaplikasikan.

Banyak produk vinyl yang telah dilengkapi fitur anti selip, anti bakteri dan anti karat. Pastinya dapat menahan air serta awet hingga belasan tahun.

Pemasangan Lantai Vinyl

Cara Perawatan Lantai Vinyl Kayu

Setelah melakukan cara pemasnagan lantai vinyl, maka Anda juga harus tahu cara merawatnya.

Dan berikut langkah yang bisa Anda lakukan untuk perawatan lantai vinyl:

1. Menggunakan obat pel yang ramah akan lingkungan

Mengapa ? karena dengan menggunakan obat pel yang asal – asalan hanya akan merusak coating dari si kayu vinyl dan tentunya berimbas pada penampilan juga.

2. Menyediakan proteksi pada tiap – tiap barang yang diletakan di lantai

Misalnya pada bagian kaki meja, kursi atau lemari diberikan sedikit bantalan empuk sehingga ujung dari tiap – tiap sudut agar tidak menggores dan merusak bagian permukaan lantai vinyl Anda.

3. Memindahkan perabotan dengan cara diangkat bukan diseret

Karena dengan memindahkan benda dengan cara diseret hanya akan membuat kerusakan pada bagian permukaan lantai vinyl saja dan menyebabkan penampilan menjadi tidak sebaik sebelumnya.

Nah, itu dia beberapa informasi mengenai cara memasang lantai vinyl dan perawatannya. Selamat mencoba ya!

Incoming search terms:

  • https://jasaterdekat com/pemasangan-lantai-vinyl/