Tips Pembuatan Gazebo Minimalis Sederhana

Jasa Pembuatan Gazebo Kayu. Menambahkan ornamen gazebo adalah ide yang bagus untuk membuat halaman rumah kamu semakin menenangkan.

Nantinya gazebo dapat kamu gunakan sebagai tempat berkumpul dan bersantai bersama sanak keluarga maupun tamu.

Cara membuat gazebo sebenarnya tidaklah susah-susah banget. Hanya saja, meski sederhana, namun langkah-langkah pembuatannya perlu disesuaikan agar hasil akhirnya menjadi lebih menarik.

Banyak hal yang perlu diperhatikan saat pembuatan Gazebo, yang semuanya sudah dirangkum pada review dibawah ini.

Tips Pembuatan Gazebo

Fungsi dari Gazebo itu sendiri adalah sebagai tempat bersantai bersama keluarga ataupun teman sambil menikmati pemandangan sekitar.

Angin sepoy – sepoy pun menambah kenikmatan itu. Maka dari itu banyak hal yang harus diamati dengan cerdas dalam pembuatan gazebo dirumah agar menjadi tempat yang sangat pas untuk bersantai, diantaranya:

1. Lokasi Pembuatan Gazebo

Desain Gazebo hampir sama dengan rumah panggung bedanya didesain dengan semua sisi terbuka.

Karena untuk tempat bersantai. Maka gazebo sebaiknya terdapat di tengah tengah taman belakang rumah. Agar dapat melihat pemandangan yang indah.

Gazebo tidak harus mutlak ditengah taman, kalau bosan dengan itu gazebo juga bisa dibuat ditepi sudut kolam renang dengan pemandangan air kolam yang tenang.

Pembuatan Gazebo

2. Luas Pembuatan Gazebo

Dalam pembuatan gazebo, luas gazebo sebaiknya seperlima dari luas halaman dengan ukuran yang seimbang misal 2×2 meter dengan kapasitas 4 sampai 5 orang.

Apabila ingin lebih banyak orang lagi yang dapat bersantai digazebo, bisa juga dibuat lebih luas dair ukuran tersebut tapi harus sesuaikan dengan luas halaman.

3. Bahan Untuk Membuat Gazebo

Atapnya bisa terbuat dari kumpulan ijuk yang dijadikan satu, daun rimba, sirap atau genteng keramik sesuai yang diinginkan.

Dengan tiang yang terbuat dari kayu jati agar lebih kuat. Dan alasnya terbuat dari susunan kayu yang dibentuk sesuai selera atau multiplek tebal dan kayu lapis.

Khusus penempatan ditepi kolam renang, bisa menggunakan kayu besi yang lebih tahan lama karena berada ditempat yang basah.

Jangan lupa ditambahkan lampu hias agar gazebo bisa juga dipakai pada malam hari.

4. Tentukan Posisi Gazebo

Gazebo umumnya dibangun di tengah halaman agar pemilik dapat menikmati pemandangan sekitar secara leluasa.

Selain di tengah halaman, kamu juga dapat menempatkannya pada posisi terluar taman. Posisi ini juga akan memungkinkan kamu menikmati seluruh keindahan halaman.

Sebaiknya jangan tempatkan gazebo di bawah pohon. Sebab hal ini akan merusak tampilan bangunan secara keseluruhan. Selain itu dari segi keamanan juga kurang.

Pohon besar berpotensi tumbang jika cuaca sedang tidak bersahabat. Selain itu, pohon besar juga menjadi tempat bermukim serangga, semut, ulat bulu, hingga kumbang.

Tentu saja hal ini akan mengganggu kenyamanan jika inang-inang tersebut merembet ke gazebo.

5. Berikan Akses Jalan

Tambahkan pula elemen lain agar fungsi gazebo kian optimal. Salah satunya adalah akses jalan menuju ke area gazebo.

Umumnya lebar yang dibutuhkan untuk membuat akses jalan sekitar 40-90 cm.

Buat agar jalan menuju gazebo berkelak-kelok agar sudut-sudut taman dan halaman tampak semakin menarik.

Kalau tidak ingin terkena hujan atau panas, kamu bisa membuat konapi di sepanjang jalan menuju gazebo.

Pembuatan Gazebo

6. Aplikasikan Furniture Tambahan

Umumnya gazebo sudah tidak memerlukan perabot/furniture lagi. Namun jika bentuk gazebo kamu hanyalah berupa atap tanpa alas duduk, maka sedikit furniture perlu kamu tambahkan agar dapat digunakan.

Kamu bisa menambahkan kursi dan meja dengan warna senada. Pastikan ukuran perabot tersebut sesuai agar tampilannya tidak terlalu penuh. Kamu dapat menambahkan berbagai furnitur asalkan tetap ergonomis dan aman.

Apabila kamu ingin menambahkan karpet, pilih bahan karpet yang tidak mudah lembab agar terhindar dari jamur.

Incoming search terms:

  • cara membuat gazebo sendiri

Tinggalkan komentar