Cara Service Kondensor AC Mobil Dan Permasalahannya

Jasa Service Kondensor AC Mobil. Sudahkah Anda tahu sistem kerja kondensor AC Mobil dan penanganan masalahnya yang tepat untuk mobilmu?.

Penting Anda ketahui sebab hal ini akan meminimalisir Anda melakukan perbaikan kondensor AC Mobil dibengkel, jika Anda tahu cara penanganan yang tepat.

Apa Itu Kondensor AC Mobil ?

Kondensor AC mobil adalah sebuah komponen AC mobil yang berfungsi untuk merubah freon dalam bentuk gas menjadi bentuk cair melalui suatu proses kondensasi.

Freon yang sudah cair akan dikabutkan dan dihembuskan. Kabut yang dihembuskan akan membawa hawa sejuk ke ruangan sekitar.

Cara Kerja Kondensor AC

Setelah kompresor AC mobil menyemprotkan freon, selanjutnya freon akan masuk kedalam kondensor dalam wujud gas sangat panas atau bertekanan tinggi.

Yang nantinya gas panas tersebut akan dibuang dan diturunkan tekanannya dengan bantuan angin dari fan. Sehingga akan terjadi perubahan wujud dari gas menjadi cair.

Dan selanjutnya peran tabung receiver dibutuhkan untuk memastikan bahwa freon yang keluar dari kondensor adalah freon cair dan bisa dikabutkan oleh expansi valve.

Jadi saat adalah masalah pada kondenser semisal tersumbat, maka proses pembuangan panas tidak akan maksimal.

Jadi tekanan freon tetap tinggi atau over heat akibatnya udara yang dikeluarkan oleh AC tidak dingin bahkan bisa cenderung panas. Tak hanya itu, masalah ini juga akan menambah beban kerja mesin.

Maka Anda perlu segera melakukan service kondensor AC mobil.

Permasalahan Pada Kondensor Mobil

Beberapa masalah yang sering ditangani oleh teknisi service kondensor AC mobil, diantaranya:

1. Kondensor Bocor

Hampir semua bagian AC mobil rentan terhadap kebocoran tak luput juga pada kondensornya.

Kebocoran pada kondensor umumnya terjadi karena adanya kebocoran pada pipa sambungan yang menghubungkan kondensor dengan AC mobil itu sendiri.

Akibatnya, proses penyaluran udara di dalam AC tidak maksimal sehingga suhu udara yang berhembus terasa panas walaupun AC diputar pada suhu tertinggi sekalipun.

Service Kondensor AC Mobil

2. Kondensor Tersumbat

Selain rentan terhadap kebocoran, komponen AC ini juga sering tersumbat akibat penumpukan kotoran atau debu didalamnya.

Banyak dari Anda menyangka debu yang masuk bukanlah masalah besar karena partikelnya yang sangat kecil.

Walaupun partikelnya kecil kalau jumlahnya banyak, gimana? Pasti dapat menghambat kinerja dari kondensor itu sendiri.

3. Kondensor Panas

Selama proses pendinginan, kondensor ac tidak bekerja sendiri. Untuk dapat melakukan tugasnya secara maksimal, kondensor harus dibantu dengan komponen AC mobil lainnya.

Normalnya kondensor secara otomatis akan bekerja saat AC mobil dihidupkan.

Tanpa harus Kita memberikan perintah lain, kondensor akan langsung melakukan tugasnya untuk menghisap udara panas dan mendinginkan bagian refrigrant.

Pada saat inilah suhu kondensor terkadang tidak stabil. Sehingga sering terjadi overheating pada kondensor sehingga perlu dilakukan service kondensor AC mobil.

4. Kondensor Sudah Tua

Hampir semua komponen mesin memiliki umur ekonomis masing masing, begitu juga dengan kondensor.

Dan pasti kinerja kondensor baru dengan yang lama berbeda. Dimana sistem hembusannya berangsur-angsur menurun seiring berjalannya waktu.

Jika ternyata umur kondensor milik Anda sudah tua, disarankan agar kondensor tersebut segera diganti.

Agar putaran angin lebih maksimal, suhu di dalam kabin pun tetap terjaga.

5. Kondensor Berkarat

Banyaknya kotoran yang menumpuk dalam AC mobil bisa saja menyebabkan bagian kondensor berkarat.

Apalagi jika ditambah dengan adanya tetesan air selama proses pendinginan, maka proses karatan kondensor akan semakin cepat.

Service Kondensor AC Mobil

Jika Anda sudah tahu jenis kerusakan kondensor AC mobil diatas, maka saatnya Anda tahu cara servicenya.

Cara Service Kondensor AC Mobil

Sebenarnya cara service kondensor AC mobil sangatlah mudah, Anda hanya perlu melakukan cara service berikut ini:

1. Service Kondensor AC Mobil Dengan Memeriksa Kondensor

Tahap awal saat akan melakukan service kondensor AC mobil adalah dengan memeriksa bagian kondensor AC mobil terlebih dahulu.

Jika Anda mengerti mesin dan paham akan kondensor AC mobil, maka bisa melakukan pemeriksaan kerusakan kondensor sendiri.

Tapi perlu diingat, lakukan pemeriksaan kondensor ini dengan hati – hati dan pelan ya, agar tidak merusak komponen lainnya.

Jika Anda ragu, bisa minta bantuan jasa teknisi spesialis AC mobil yang sudah berpengalaman.

2. Service Kondensor AC Mobil Dengan Mengukur Tingkat Kerusakan

Sebenarnya cara untuk mengetahui kerusakan kondensor AC mobil tidaklah sulit, Anda hanya memerlukan peralatan service AC mobil sederhana berupa sebatang pipa untuk mengetahui apakah kerusakannya ringan atau parah.

Caranya sangat mudah, ambil pipa lalu tiupkan kebagian kondensor. Jika tiupan pada pipa terasa ringan maka kerusakannya masih tergolong ringan begitu juga sebaliknya.

Jika sudah terdeteksi kerusakan cukup parah mungkin ada bagian kondensor AC yang perlu diganti agar kerusakannya tidak bertambah parah.

3. Service Kondensor AC Mobil Dengan Mengganti Kondensor

Penggantian kondensor AC mobil menjadi pilihan tepat jika kerusakan cukup parah. Karena jika tidak dilakukan dikhawatirkan  kerusakan akan meluas ke komponen lain pada AC mobil.

Coba bayangkan jika terjadi kerusakan pada semua komponen AC mobil, tentu biayanya akan lebih mahal.

Pilihlah kondensor yang bagus yang sesuai dengan tipe dan merk mobil. Perhatikan kualitas kondensor tersebut.

Untuk mengetahui kualitas atau bertanya-tanya tentang kondensor, silahkan langsung mengunjungi bengkel AC mobil di kotamu.

4. Service Kondensor AC Mobil Pada Teknisi Berpengalaman

Jika semua hal diatas sudah Anda lakukan, tapi tetap ada masalah pada kondensor AC mobil, baiknya lakukan perbaikan pada jasa servis berpengalaman.

Teknisi berpengalaman bisa Anda temukan di bengkel khusus AC mobil yang sudah lama berdiri dan sudah memiliki nama di kalangan pecinta dan pengguna mobil.

Sehingga bentuk penanganannya pun lebih cepat, intens, dan bagus. Kasus penipuan pun tidak akan terjadi disini karena pada dasarnya semua teknisi bekerja dengan baik dan sepenuh hati.

Incoming search terms:

  • perbedaan radiator dan kondensor mobil