Cara Service Lampu Mobil Dan Penyebab Kerusakannya

Bengkel Service Lampu Mobil Terdekat. Lampu mobil adalah komponen yang cukup vital dalam mobil terutama ketika kondisi perjalanan di malam hari. Tanpa adanya lampu, tentu saja resiko berkendara semakin tidak aman.

Dengan adanya lampu mobil, Anda bisa lebih aman dalam berkendara. Bahkan di tengah malam dan hujan deras sekalipun, lampu mobil sangat kita butuhkan.

Jadi saat lampu mobil mengalami masalah atau mati kita tentu akan segera mencari bengkel terdekat untuk memperbaikinya.

Tapi dalam keadaan darurat dan saat jauh dari pemukiman, hal itu sangatlah sulit.

Maka baiknya Anda mempelajari cara service lampu mobil, agar bisa segera mengatasi saat lampu mobil mati dalam kondisi darurat.

Anda bisa menyimak review lengkap tentang lampu mobil dan cara servicenya dalam artikel ini.

Jenis – Jenis Lampu Mobil

Berdasarkan letaknya, lampu mobil dibagi menjadi 2 jenis yaitu:

Lampu Mobil Bagian Depan

Lampu mobil depan atau headlamp memiliki 3 mode utama yakni, lampu senja, lampu dekat dan lampu jauh. Masing-masing dari lampu tersebut memiliki fungsi tersendiri lho .

Lampu senja biasanya disebut sebagai lampu kota, fungsinya untuk memberi tanda kepada kendaraan lainnya jika mobil kita berada di suatu lintasan yang sama.

Apakah lampu senja harus dinyalakan ketika hari sudah mulai gelap atau cuaca mendung? Jawabannya adalah harus.

Lampu mobil dekat, digunakan pada jalan-jalan yang mempunyai penerangan cukup, atau yang ramai lalu-lintasnya.

Sementara lampu jauh, digunakan pada jalan – jalan yang sepi dan minim penerangan.

Lampu jauh dilarang digunakan di jalan-jalan yang padat lalu-lintasnya atau jika ada pengendara lain dari arah yang berlawanan.

Service Lampu Mobil

Lampu Mobil Bagian Belakang

Lampu di bagian belakang bentuknya beraneka ragam tergantung jenis mobilnya. Ada yang berbentuk horizontal maupun vertikal.

Namun pada intinya, walaupun berbeda bentuk desain lampunya, di dalam lampu mobil bagian belakang selalu ada lampu rem, lampu sein dan lampu mundur.

Lampu mobil juga ada 3 jenis yang paling sering digunakan yaitu lampu mobil halogen, lampu mobil HID dan lampu mobil LED

Service Lampu Mobil

Cara Service Lampu Mobil Mati

Jika Anda menemukan salah satu lampu yang mati, mungkin beberapa komponen di bawah ini harus Anda cek . Apa saja? Yuk simak kelanjutannya.

1. Sekring Lampu Mobil Putus

Lampu mobil mati, bagini cara melakukan pengecekannya. Salah satu penyebab lampu depan mobil mati yang seringkali terjadi adalah kondisi sekring yang putus.

Sekring kelistrikan di dalam mobil biasanya terkumpul dalam sebuah wadah kotak yang berada di bawah kanan dekat setir mobil.

Sekring berbentuk seperti dua jari atau gigi. Carilah sekring yang berkaitan dengan lampu, cek kondisinya apakah memang putus atau tidak.

2. Service Lampu Mobil Jika Relay Putus

Saat kondisi kunci kontak sedang on serta aki sedang aktif maka pastikan apakah penyebab lampu mobil mati total merupakan masalah bagi lampu besar tersebut.

Biasanya akan terlihat lampu mati dan menyala saat kabel sedikit saja digoyangkan. Relay ini merupakan kotak yang berfungsi menghubungkan antara kabel dengan sumber listrik.

Jika memang terjadi masalah pada bagian kabel relay, maka cobalah untuk mengambil kabel yang masih utuh dan belum digunakan. Kemudian cabut pada bagian relay.

Setelah itu jadikan kabel tersebut untuk menjadi penyambung langsung antara lampu dan sumber listrik.

Namun lakukan ini saat kondisi sedang darurat dan terdesak saja. Setelah itu segera cari bengkel terdekat untuk memperbaiki lampu mobil mati total tersebut.

3. Bohlam Lampu Mobil Mati

Lampu mobil mati, begini cara melakukan pengecekannya. Penyebab lampu mobil mati lainnya dapat dikarenakan lampu bohlam yang memang kondisinya mati.

Faktor-faktor yang dapat menyebabkannya adalah pemasangan bohlam lampu yang salah.

Misalnya saja pemasangan bohlam lampu di bagian kacanya memang harus bersih dari kotoran atau minyak.

Dengan kata lain tidak boleh sampai tersentuh dengan tangan. Jika  memang ingin menggantinya, maka pastikan jangan sampai bagian kaca tersentuh oleh tangan.

4. Tegangan Kelistrikan Tidak Stabil

Tegangan pada sistem kelistrikan yang kurang stabil juga seringkali menyebabkan bohlam lampu mobil sering putus.

Sistem kelistrikan yang tidak stabil atau terlalu tinggi menyebabkan lampu depan mobil tiba-tiba mati total.

Untuk cara service lampu mobil dengan kendala ini, Anda bisa menggunakan voltmeter atau multimeter.

Jika memang tegangannya terlalu tinggi atau rendah, maka cobalah untuk mengecek komponen seperti aki mobil yang memang sudah soak atau drop.

Service Lampu Mobil

5. Kondisi Soket Lampu Kotor atau Kendor

Lampu mobil mati, bagini cara melakukan pengecekannya. Jika  sering mengalami lampu mobil yang sering mati cobalah untuk mengecek pada bagian soket mobil, mungkin saja bagian tersebut memang kotor dan kendor.

Kondisi soket lampu yang kotor atau kendor biasanya akan menyebabkan lampu mudah rusak dan putus.

Hal ini karena suplai listrik yang menuju lampu terhalang. Cobalah cek pada bagian soket lampu, jika memang kotor maka bersihkan  dan rapikan kembali soket lampu yang kendor.

Selain itu lakukan pembersihan secara berkala sebagai tips merawat lampu mobil agar lebih tahan lama.

6. Cara Service Lampu Mobil Jika Switch Leleh

Kondisi lampu mobil yang seringkali mati juga dapat disebabkan karena kondisi switch leleh.

Kondisi seperti ini biasanya dapat pengemudi rasakan saat mengoperasikan mobil. Switch yang meleleh akan terasa seret saat dijalankan.

Untuk mengetahui gejala-gejala yang lebih pasti maka cobalah untuk memeriksakan di bengkel yang memang sudah terpercaya.