Service Mesin Cuci 2 Tabung: Jenis Kerusakan Dan Cara Memperbaikinya

Cara Service Mesin Cuci 2 Tabung. Alat elektronik yang satu ini sudah umum digunakan di setiap keluarga , betapa tidak? karena fungsi fungsi mesin cuci besar sekali manfaatnya dalam membantu meringankan pekerjaan rumah tangga.

Dalam hal ini mencuci pakaian, selain mencuci, pada mesin cuci  yang menggunakan dua tabung terdapat tabung yang khusus berfungsi memeras pakaian yang telah dicuci agar lebih cepat kering saat dijemur, maka lengkaplah alat ini menjawab kebutuhan rumah tangga yang memerlukannya.

Karena pemakaian yang terus menerus dan selalu berhubungan dengan air maka pada suatu saat mesin ini akan mengalami kerusakan.

Dan disini kita akan membahas 2 masalah mesin cuci 2 pintu yang kerap dialami pemiliknya yaitu air yang keluar terus dan tabung pengering yang tidak berfungsi pada review service mesin cuci 2 tabung berikut ini.

Service Mesin Cuci 2 Tabung

Service Mesin Cuci 2 Tabung

1. Mesin Cuci Terus Mengeluarkan Air

Beberapa Penyebabnya adalah:

  • Seal pembuangan kotor, seiring dengan lamanya pemakaian, kotoran akan menempel pada  sel pembuangan tersebut sehingga menyebabkan posisi seal pembuangan tersebut terganjal (seal pembuangan tidak menutup dengan rapat) yang menyebabkan rongga/lubang sehingga air akan keluar terus meskipun posisi knop tidak pada drain(buang).
    Solusi: Bersihkan seal pembuangan dan pasang lagi
  • Seal pembuangan terganjal sebuah benda seperti cemiti,jarum,kancing baju, atau bahkan uang logam. Kasus seperti ini biasa terjadi pada jenis mesin cuci yang pulsatornya ada rongga memang desain dari pabriknya untuk sebagian merek tertentu.
    Solusi: Bersihkan seal pembuangan dan ambil benda yang mengganjalnya kemudian pasang lagi
  • Seal pembuangan sudah kaku/tidak elastis, kalau di lihat tampak fisik memang tidak apa apa tapi setelah di bersihkan dan di pasang lagi air masih keluar terus.
    Solusi: Ganti dengan yang baru
  • Per pembuangan berkarat dan patah sehingga tidak mempunyai daya dorong terhadap seal pembuangan.
    Solusi: ganti dengan yang baru
  • Seal pembuangan sobek, biasanya kasus seperti ini terjadi pada mesin cuci yang sudah tua dan tidak pernah di bersihkan saluran pembuanganya.
    Solusi: Ganti dengan yang baru

2. Pengering Tidak Bisa Berputar

Beberapa penyebab pengering mesin cuci tidak bisa berputar adalah:

Kabel Putus

Kasus seperti ini biasa terjadi karna kabel dimakan tikus. Coba lakukan service mesin cuci 2 tabung dengan cara cek pada bagian penutup belakang.

Biasanya paling sering terjadi putus pada bagian kabel yang naik ke panel timer atau pas pada bagian dalam panelnya timmer.

Solusi:

  • Sambung kabel yang putus dan sesuaikan dengan warnanya
  • Lakukan perawatan rutin dengan cara memberi kamper / kapur barus pada bagian dalam atau bawah mesin cuci untuk mengurangi tikus datang
  • Pasang pengaman anti tikus, dengan cara memesang kawat RAM kawat LOKET pada bagian bawah mesin

Tali Rem Pengering Putus

Kasus seperti ini biasa terjadi juga karna tali rem di makan tikus, posisi putusnya biasanya dibawah timer pengering.

Rem pengering berfungsi untuk menghentikan putaran dinamo pengering secara konstan saat pintu pengering dibuka, apabila talinya putus maka dinamo akan mengerem terus (seret) walaupun pintu pengering tertutup sehingga dinamo pengering tidak kuat berputar.

Solusi service mesin cuci 2 pintu dengan masalah ini adalah:

  • Tarik kawat seling rem dengan tali atau kawat sehingga terbuka, trus coba putar dengan tangan tabung pengering kalau sudah tidak seret berarti  sudah beres.
  • Lakukan perawatan rutin dengan cara memberi kamper/kapur barus pada bagian dalam atau bawah mesin untuk mengurangi tikus datang
  • Pasang pengaman anti tikus, dengan cara memesang kawat RAM kawat LOKET pada bagian bawah mesin

Service Mesin Cuci 2 Tabung

Door Switch Rusak (Tidak Sambung)

Posisinya ada di dekat timmer pengering; tapi kerusakan seperti ini sangat jarang terjadi kecuali pada mesin cuci yang saluran masuk airnya ada 2 yaitu samping kanan dan kiri.

Posisi kanan dekat dengan door switch pengering yang menyebabkan peralatan menjadi lembab dan akan mudah ngefong (tidak sambung).

Solusi: Cara service mesin cuci 1 tabung atau 2 tabung sama saja yaitu bongkar dan bersihkan dengan kertas gosok

Kapasitor Rusak

Cirinya  adalah ketika timmer di putar ada suara dengung yang artinya ada arus masuk ke dinamo tapi dinamo tidak bisa berputar sehingga menimbulkan suara dengung.

Anda bisa mengetahuinya setelah anda melakukan 3 langkah di atas. Kapasitor untuk jenis mesin cuci panasonic ini bentuknya kotak berwana hitam tidak seperti kapasitor mesin cuci pada umumnya yang bentuknya bulat seperti tabung.

Kabelnya ada 4 yang 2 untuk pengering  dan yang 2 lagi untuk pencuci.

Solusi: Ganti dengan yang baru dan sesuaikan dengan ukuran aslinya

Timmer Pengering Rusak

Cirinya adalah ketika di putar tidak berbunyi dan tidak ada dengungan suara pada dinamo.

Kerusakan pada timmer pengering ini karena per di dalamnya sudah lembek sehingga sudah tidak mempunyai tenaga pegas, atau bisa juga karena kemasukan semut di dalamnya kabel timmer pengering ada 2 untuk penyambunganya terbalik tidak masalah.

Solusi: Ganti dengan yang baru

Dinamo Pengering Terbakar

Setelah Anda sudah melakukan tahapan semua di atas Anda baru bisa memvonis kalau dinamo ini terbakar.

Kerusakan dinamo ini  sering disebabkan karana terkena air yang bocor pada pada seal pengering yang berada tepat di atas dinamo pengering, atau bisa juga saluran air pada tabung pengering tersumbat seperti kaos kaki, sarung tangan dll sehingga air tidak langsung keluar pada saat proses spin sehingga seal pengering akan bocor.

Solusi:

  • Bongkar dan bawa ke tukang gulung dinamo yang profesional.
  • Ganti dengan baru, tapi perlu juga Anda ketahui kalau bahwa dinamo yang di jual rata – rata gulungan dari kawat almini bukan dari kawat tembaga, Anda harus jeli dalam membeli.

Tinggalkan komentar