Service TV Tabung, Kerusakan Dan Cara Mengatasi

Jasa Service TV Tabung Terdekat. Saat ini penggunaan televisi menjadi hal wajib disetiap rumah, terlebih dengan alat elektronik ini kita bisa mendapat informasi tentang banyak hal.

Bahkan sekarang telah banyak dijual televisi dengan berbagai merek dan bentuk. Dan satu jenis televisi yang masih bertahan sampai saat ini adalah TV Tabung.

TV tabung masih menjadi favorit karena harganya yang cukup terjangkau serta kemudahan dalam hal cara service TV tabung. Karena memang komponen dari TV jenis ini lebih simpel.

Tak harus datang ketukang service untuk memperbaiki TV tabung yang bermasalah, karena Anda bisa mempelajari dan melakukannya sendiri.

Karena diartikel ini kami akan menjelaskan beberapa masalah TV tabung yang kerap terjadi serta cara mengatasinya.

Cara Service TV Tabung

Pada dasarnya kerusakan serta cara service TV LED dan TV tabung tak begitu jauh berbeda. Tapi disini kami akan membahas jenis dan cara service TV tabung yang sering terjadi, diantaranya:

1. Terdapat Flek Atau Warna Pelangi pada Layar TV

Baik untuk TV lama atau baru, masalah flek pada layar sangat kerap terjadi. Biasanya akan terdapat titik/flek pada layar TV, di mana hal ini bisa saja diakibatkan oleh berbagai hal, seperti:

  • Posisi TV kerap di gonta-ganti atau diputar ke berbagai arah yang berbeda
  • TV disimpan atau diletakkan di atas sebuah media yang terbuat dari bahan logam
  • PTC tidak bekerja secara maksimal karena terdapat kerusakan pada solderan positor (PTC)
  • Terdapat magnet atau berbagai perangkat yang mengandung medan magnet pada sekitar area TV tersebut

Cara Mengatasinya:

Pada beberapa kasus yang tidak terlalu berat, masalah flek yang terdapat pada layar TV ini bisa diatasi dengan mudah dan cepat.

Agar kondisi layar kembali jernih seperti semula, Anda bisa lakukan pengaturan automatic degancing yang terdapat dalam fitur TV.

Selan itu Anda juga bisa melakukan cara lain yaitu mematikan TV dengan cara yang berbeda dari biasanya, yaitu mencabut AC lord PTC dan biarkan hingga kondisi menjadi dingin kembali.

Anda bisa pasang kembali AC lord PTC seperti semula jika sudah dingin.

Setelah langkah tersebut, biasanya flek akan hilang dan tidak terlihat menghiasi layar TV lagi.

Service TV Tabung

2. Service TV Tabung Gambar Pada Layar TV Tidak Buram Namun Bergaris-Garis

Gambar layar TV bergaris menjadi masalah kedua yang kerap terjadi pada TV jenis apapun.

Pada kondisi ini umumnya gambar pada TV tetap berwana dan tidak buram, namun muncul garis garis pada gambar tersebut yang membuat gambar menjadi tidak jelas.

Hal seperti ini tentu akan sangat mengganggu acara menonton di rumah.

Kebanyakan masalah ini timbul karena ada kerusakan pada bagian power supply.

Yaitu karena tegangan yang masuk terlalu besar dan melebihi kebutuhan TV itu sendiri.

Cara Mengatasinya:

Jika mengalami masalah di atas, jelas pengukuran tegangan pada elco harus segera dilakukan, sebab jika tegangan elco tidak sesuai.

Maka bisa dipastikan komponen tersebut tidak bisa bekerja dengan baik dan maksimal.

Agar elco tetap bekerja dengan baik, Anda perlu memastikan bahwa tegangan riple tidak melebihi 10vp-p. Sebab jika lebih kerja elco pasti terganggu.

Jika ternyata selama ini tegangan riple melebihi angka tersebut, maka cara service TV tabung dengan mengganti elco adalah langkah yang tepat untuk mengatasi masalah ini, sebab besar kemungkinan elco telah rusak dan kering.

Akibat raster semakin kecil dan tidak sesuai dengan kebutuhan maka akan memicu munculnya garis garis pada TV.

Dan untuk menghindari kerusakan lebih parah, Anda harus cepat segera mengatasi masalah ini.

Ganti elco lama dengan yang baru dan sesuai dengan kebutuhan yang semestinya, agar TV bisa bekerja kembali dengan baik dan kualitas gambar lebih jernih dari sebelumnya.

3. Service TV Tabung Gambar Roboh dan Hanya Setengah Layar TV

Pada beberapa kondisi, gambar roboh dan hanya terlihat setengah layar ini bisa saja dibarengi dengan kondisi gambar yang tidak berwarna.

Masalah pada TV ini umumnya diakibatkan karena ada kerusakan beberapa komponen lain atau juga bisa akibat salah setting pada HOR Hold.

Service TV Tabung

Cara mengatasinya

Jika kondisi gambar pada layar TV tidak sempurna (roboh) dan hanya terlihat setengah layar saja, maka cobalah untuk mengakses control Hold dan adjust HOR hold pada bagian tersebut.

Pastikan daerah rangkaian dual diode phase detector HFL masih layak dan dapat bekerja secara optimal dengan cara memeriksanya.

Namun jika masalah ini dibarengi dengan masalah tambahan pada warna gambar yang tidak sempurna.

Maka lakukan juga pengecekan pada komponen IC OSC, sebab kemungkinan bagian ini juga mengalami kerusakan.

Jika IC OSC tidak dalam kondisi layak lagi, segera lakukan cara service TV tabung dengan mengganti yang baru, sehingga kualitas gambar TV dapat menjadi baik kembali.

4. Transistor HOT Panas

Meskipun masih dihidupkan sebentar saja, dalam kinerjanya transistor HOT kemungkinan mengalami panas yang berlebih.

Hal ini tentu sangat berbahaya, terutama bagi yang suka menonton TV dalam durasi yang cukup lama.

Hal ini bisa saja terjadi akibat penggunaan transistor yang tidak sesuai atau bahkan palsu.

Cara Mengatasinya:

Hindari transistor yang cepat atau bahkan selalu panas ini dengan baik.

Lakukan penggantian komponen tersebut dengan yang baru dan pastinya asli, sehingga komponen bisa bekerja dengan baik dan maksimal pada TV.

Jadi begitulah cara service TV tabung yang rusak dengan tepat. Karena jika tidak tepat dalam penanganannya, yang jadi TV anda malah tidak berfungsi kembali.

Namun saat penanganan Anda mengalami kesulitan, lebih baik bawa saja TV Anda ditempat servis TV terdekat dengan rumah Anda. Semoga membantu dan bermanfaat.